MANUAL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Materi : Tarkib (bab fi’il)
Tingkat : SMA/MA
Bahan Media : Jam bekas, Spidol, dinamo
tamiya, baterai dll
Nama Media : Jam jenius (genius o’clock)
Langkah-langkah pembuatan:
1. Siapkan
potongan-potongan kertas berbentuk segi panjang, di mana setiap potongan kertas
diisi dengan soal- soal tarkib (bentuk
fi’il). Kertas tadi ada dua yaitu kertas untuk soal dan kertas satunya untuk
jawaban
2. Siapkan jam
dinding bekas/ yang tidak terpakai karena rusak, bongkar semua yang ada
dibelakang jam, lalu ganti mesin jam asli dengan dinamo kecil (dinamo tamiya).
3. Hubungkan
baterai jam dengan dinamo tadi dengan kabel yang bisa menghubungkan antara sisi
positif dan sisi negatif baterai sehingga jarum jam bisa bergerak.
4. Lingkaran dalam
jam dibagi menjadi 4 bagian (sesuai selera) dan setiap bagian diberi nomer, nantinya sebagai penunjuk soal-soal yang akan
diperoleh pemain (siswa) dan harus dipecahkan jawabannya.
5. Hiasi jam supaya
menarik perhatian para pemainnya (siswa)
Langkah-langkah
Penggunaan:
1. Pemain terdiri
dari dua anak atau lebih dan mereka duduk saling berhadapan.
2. Masing- masing
pemain dipersilahkan untuk hompimpah terlebih dahulu untuk mengetahui urutan
atau giliran bermain.
3. Membuat
kesepakatan antar para pemain/siswa “kalau menjawab salah akan menerima sangsi”
( yang berguna untuk menyemangati jalannya permainan).
4. Siswa yang
mendapat giliran pertama silahkan
memutar “jam jenius”, tunggu sampai jarum jam menunjukkan arah kemana jarum berhenti.
Kemudian, ambil satu kertas soal yang berada dibelakang jam dinding sesuai
nomer dan ambil juga kertas jawaban untuk disimpan sendiri.
5. Siswa yang
mendapat giliran pertama tadi silahkan
memberi pertanyaan kepada lawan mainnya sesuai soal yang telah didapat. Suruh
lawan mainnya menjawab dengan tepat, lalu jawabannya dicocokkan dengan kertas
jawaban yang disimpan pemain tadi, kalau salah menjawab nanti bisa terkena
sangsi (sesuai kesepakatan para pemain).
6. Demikian
seterusnya secara bergiliran.
Kelebihan penggunaan Media
Jam Jenius (Genius O’clock):
1. Dapat
mengembangkan cara berfikir peseta didik dalam hal tarkib/sununan bahasa arab.
2. Peserta didik
dapat mempelajari tentang tarkib (bab fi’il) dengan cara yang menyenangkan.
3. Siswa dapat mengetahui
bentuk tulisannya saat melihat di soal dan dapat mengenal cukup banyak kosakata
bahasa arab dari soal-soal yang tersedia
4. Dapat mendorong
peserta didik untuk fokus pada pelajaran dan memudahkan mereka untuk mengingat
materi yang di pelajari
Kelemahan penggunaan Media
Jam Jenius (Genius O’clock):
1. Baterai nya
cepat habis.
0 comments:
Post a Comment