' Nuqy Nuqy: Manual Media Pembelajaran Bahasa Arab

Wednesday, May 29, 2013

Manual Media Pembelajaran Bahasa Arab

Rounded Rectangle: Oleh : 
Nur Qoyyimah :  D0221002
            

 




MANUAL MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Mata Pelajaran            : Bahasa Arab
Materi                          : Tarkib (bab fi’il)
Tingkat                        : SMA/MA
Bahan Media               : Jam bekas, Spidol, dinamo tamiya, baterai dll
Nama Media               : Jam jenius (genius o’clock)


Langkah-langkah pembuatan:
1.      Siapkan potongan-potongan kertas berbentuk segi panjang, di mana setiap potongan kertas diisi dengan soal- soal  tarkib (bentuk fi’il). Kertas tadi ada dua yaitu kertas untuk soal dan kertas satunya untuk jawaban
2.      Siapkan jam dinding bekas/ yang tidak terpakai karena rusak, bongkar semua yang ada dibelakang jam, lalu ganti mesin jam asli dengan dinamo kecil (dinamo tamiya).
3.      Hubungkan baterai jam dengan dinamo tadi dengan kabel yang bisa menghubungkan antara sisi positif dan sisi negatif baterai sehingga jarum jam bisa bergerak.
4.      Lingkaran dalam jam dibagi menjadi 4 bagian (sesuai selera) dan setiap bagian diberi nomer,  nantinya sebagai penunjuk soal-soal yang akan diperoleh pemain (siswa) dan harus dipecahkan jawabannya.
5.      Hiasi jam supaya menarik perhatian para pemainnya (siswa)

Langkah-langkah Penggunaan:
1.      Pemain terdiri dari dua anak atau lebih dan mereka duduk saling berhadapan.
2.      Masing- masing pemain dipersilahkan untuk hompimpah terlebih dahulu untuk mengetahui urutan atau giliran bermain.
3.      Membuat kesepakatan antar para pemain/siswa “kalau menjawab salah akan menerima sangsi” ( yang berguna untuk menyemangati jalannya permainan).
4.      Siswa yang mendapat giliran pertama silahkan memutar “jam jenius”, tunggu sampai jarum jam menunjukkan arah kemana jarum berhenti. Kemudian, ambil satu kertas soal yang berada dibelakang jam dinding sesuai nomer dan ambil juga kertas jawaban untuk disimpan sendiri.
5.      Siswa yang mendapat giliran pertama tadi silahkan memberi pertanyaan kepada lawan mainnya sesuai soal yang telah didapat. Suruh lawan mainnya menjawab dengan tepat, lalu jawabannya dicocokkan dengan kertas jawaban yang disimpan pemain tadi, kalau salah menjawab nanti bisa terkena sangsi (sesuai kesepakatan para pemain).
6.      Demikian seterusnya secara bergiliran.

Kelebihan penggunaan Media Jam Jenius (Genius O’clock):
1.      Dapat mengembangkan cara berfikir peseta didik dalam hal tarkib/sununan bahasa arab.
2.      Peserta didik dapat mempelajari tentang tarkib (bab fi’il) dengan cara yang  menyenangkan.
3.      Siswa dapat mengetahui bentuk tulisannya saat melihat di soal dan dapat mengenal cukup banyak kosakata bahasa arab dari soal-soal yang tersedia
4.      Dapat mendorong peserta didik untuk fokus pada pelajaran dan memudahkan mereka untuk mengingat materi yang di pelajari

Kelemahan penggunaan Media Jam Jenius (Genius O’clock):
1.      Baterai nya cepat habis.



0 comments: