' Nuqy Nuqy: Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

Tuesday, May 28, 2013

Karakteristik Karya Tulis Ilmiah

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Hakikat Karya Tulis Ilmiah
Karya tulis ilmiah terdiri dari dua kata yaitu karya dan ilmiah. Karya berarti kerja,sedangkan ilmiah berarti bersifat keilmuan. Dari pengertian diatas dapat disimpulkan,karya tulis ilmiah adalah suatu karya yang berbentuk tulisan yang di tulis atas dasar pengamatan terhadap suatu masalah dan di susun menurut metode penulisan yang baik dan benar serta dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Adapun diantara contoh-contoh karya tulis ilmiah yakni makalah, skripsi, tesis, disertasi dan hasil penelitian suatu masalah. Suatu karya ilmiah harus mengandung kebenaran ilmiah, yakni: kebenaranya tidak hanya di sandarkan pada rasio tetapi juga di sandarkan pada fakta yang ada. Jadi,setiap karya tulis ilmiah harus di dasarkan atas proses dan hasil berfikir ilmiah melalui suatu penelitian.
Suatu tulisan dapat di sebut sebagai karya tulis ilmiah jika memenuhi beberapa unsur,diantaranya yakni:
a.       Mengandung suatu masalah beserta pemecahanya.
Agar pembaca tertarik dengan tulisan kita,maka hendaknya masalah yang kita tampilkan berupa masalah yang sedang marak di bicarakan serta menarik perhatian masyarakat.kita harus mampu pula memberikan pemecahan terhadap masalah tersebut.
b.      Masalah yang di bahas harus bersifat objektif.
Dalam arti lain tidak subjektif,yaitu sesuai dengan fakta yang ada dan bukan hasil angan-angan penulis yang tanpa di dasari landasan ilmiah.
c.       Tulisan harus lengkap
Maksudnya semua segi masalah yang sedang di bahas harus di kemukakan dengan jelas dan lengkap agar tidak menimbulkan permasalahan yang baru.
d.      Di susun berdasarkan metode tertentu
Sehingga dapat di pertanggung jawabkan kebenaran dan keobjektifanya.
e.       Disusun menurut sistematika penulisan yang baik dan benar.

2.2 Kerakteristik Karya tulis ilmiah
Suatu karya tulis ilmiah harus ditulis oleh orang yang mepunyai sifat-sifat ilmiah,diantaranya:sifat terbuka,jujur,teliti,kritis,tidak cepat putus asa,dan tidak cepat puas terhadap hasil pekerjaannya.
Dari sifat ilmiah tersebut akan mengatur.hasilkan tulisan dengan karakteriatik yang ilmiah purla.Diantaranya yaitu:
a)      Logis.
Suatu karya iliah harus bersifat an yang padulogis dalam arti argumentasi yang diajukan dapatditerima akal sehat
b)      Sistematis
Yakni di susun berdasarkan urut dan teratur.
c)      Objektif
Yang di maksud objektif di sini yaitu apa adanya tanpa menambah ataupun mengurangi data dari fakta yang ada.
d)     Tuntas dan menyeluruh
Masalah yang dibahas secara lengkap dan menyeluruh,sehingga pembaca dapat memahami inti dari tulisan tersebut.
e)      Saksama
Berusaha menghindarkan diri dari berbagai kesalahan. Maka dari itu penelitian harus dilakukan secara hati-hati begitupun dalam pengambilan hipotesa dan penarikan kesimpulan.
f)       Jelas
Yakni maksud dari tulisan tersebut harus terungkap atau dapat dimengerti oleh pembaca. Bahasa yang digunakan harus ringkas dan padat isi sehingga tidak terdapat unsur-unsur bahasa yang tidak perlu dan tidak ada pemborosan kata.

g)      Kebenarannya dapat diuji
Masalah yang dibahas beserta pemecahannya bukan semata angan-angan penulis, akan tetapi masalah tersebut harus melalui serangkaian percobaan sehingga kebenarannya dapat dibuktikan.
h)      Terbuka
Yaitu: dapat berubah seandainya  muncul pendapat baru yang lebih dapat dibuktikan kebenarannya.
i)        Berlaku umum
Kesimpulan yang ditarik tidak hanya berlaku pada satu populasi,tapi dapat diterima disemua populasi atau masyarakat umum.
j)        Penyajiannya memperhatikan santun bahasa dan tata tulis yang berlaku.

2.3 Tujuan karya tulis ilmiah
Adapun tujuan dari suatu karya tulis ilmiah yaitu menyampaikan informasi secara ilmiah kepada pembaca. Oleh sebab itu suatu karya ilmiah harus mampu memberikan pemahaman kepada pembaca serta mampu menjelaskan secara detail dan jelas tanpa membuat pembaca menjadi bingung.
Agar informasi tersebut dapat dimengerti pembaca,karya tulis ilmiah harus ditulis dengan bahasa yang jelas dan efisien. Sehingga tidak terdapat pemborosan kata dan tidak ada unsur-unsur bahasa yang tidak perlu.
Menurut Gillet (2003),tujuan penulisan karya tulis ilmiah adalah untuk menyampaikan gagasan penulis dengan caranya sendiri. Meskipun karya ilmiah yang dibuat oleh seorang penulis seharusnya disusun dengan memperhatikan pemikiran atau pendapat penulis lain melalui perujukan,itu tidak berarti penulis hanya menulis ulang pendapat penulis lain,tetapi juga harus memperlihatkan pendapat pribadi penulis yang bersangkutan.[1]




BAB III
KESIMPULAN

            Suatu karya tulis ilmiah merupakan suatu karya tulis yang penulisanya harus melalui proses penelitian agar dapat di tarik suatu kesimpulanyang dapat di uji kebenaranya.
Dalam penulisan karya ilmiah harus menggunakan metode tertentu serta bahasa yang santun dan efisien. Karya tulis ilmiah mempunyai ciri-ciri yang membedakan dengan karya tulis lainya.Hal ini karna karya tulis ilmiah bersifat ilmiah atas dasar kebenaran dan kenyataan yang ada bukan hasil rekaan semata.
Tujuan penulisan karya tulis ilmiah yaitu mamberikan suatu informasi yang bersifat ilmiah kepada pembaca.
 

















DAFTAR PUSTAKA

Nur Tanjung Bahdin, 2010. Pedoman Penulisan Karya ilmiah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yunta T winarto, 2004. Karya Tulis Ilmiah Sosial, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Sudjana Nana. Tuntunan Penyusun Karya Ilmiah










[1]Yunita T Winarto, Karya Tulis Ilmiah Sosial (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004), Hlm. 1

0 comments: