BAB I
PROSES
PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA
A.
RASA
INGIN TAHU
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu,yang
merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang
benda-benda di alam sekitarnya, bulan, bintang, dan matahari, bahkan ingin tahu
tentang dirinya sendiri (antroposentris).
B.
MITOS
Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan
hanya atas dasar pengamatan maupun pengalamanya. Untuk itulah, manusia
mereka-reka sendiri jawaban atas keingintahuanyaitu. Sebagai contoh: “Apakah
pelangi itu?”, karena tak dapat dijawab, manusia mereka-reka jawaban bahwa
pelangi adalah selendang “bidadari”. Jadi, muncul pengetahuan baru yaitu “
bidadari”.
Pengetahuan baru yang bermunculan dan dan kepercayaan itulah
yang kita sebut dengan mitos.
C.
MITOS
ANTARA PRO DAN KONTRA
Karena kemampuan berpikir manusia semakin maju dan di sertai
pula oleh perlengkapan pengamatan, misalnya teropong bintang, mitos dengan
berbagai legendanya makin di tinggalkan, dan mereka cenderung menggunakan akal
sehat atau rasionya.
D.
TERBENTUKNYA
GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi
Hipotesis Fowler (1957):
Menurut fowler, dua belas ribu juta tahun yang lalu galaksi
kita tidaklah seperti sekarang ini. Bentuknya berupa kabut gas hydrogen yang
sangat besar yang berada di ruang angkasa. Ia bergerak perlahan mengadakan
rotasi sehingga keseluruhan berbentuk bulat. Karena gaya beratnya, ia
mengadakan kontraksi. Masa bagian luar banyak yang tertinggal. Pada bagian yang
berkisar lambat dan mempunyai berat jenis yang besar terbentuklah bintang-bintang.
Gumpalan kabut yang telah menjadi bintang itupun secara perlahan mengadakan
kontraksi. Energi potensialnya mereka keluarkan dalam bentuk sinar dan panas
radiasi dan bintang-bintang itu pun semakin turun temperaturnya setelah
berpuluh-puluh ribu tahun, iamempunyai bentuk yang boleh dikatakan tetapseperti
halnya matahari hipotesis itu diyakinkan oleh suatu observasi yang di tujukan
pada pusat galaksi, tempat dilahirkanya bintang baru, baik secara
perlahan-lahan maupun secara eksplosif.
Galaksi
dibedakan menjadi tiga macam:
1.Galaksi
berbentuk spiral
2.
Galaksi berbentuk elips
3.
Galaksi berbentuk tak beraturan
BAB
II
PROSES
TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA DAN PENGHUNINYA
A. ALAM SEMESTA
Alam semesta atau jagat raya adalah suatu ruangan yang maha
besar yang di dalamnya terdapat kehidupan biotik dan abiotik, serta didalamnya
terjadi segala peristiwa alam baik yang dapat diungkapkan manusia maupun yang
tidak.
B.
TERJADINYA
GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi disampaikan oleh Fowler (1957).
C.
TERJADINYA
BUMI DAN SISTEM TATA SURYA
Pendapat tentang terjadinya tata surya yang paling mutakhir
lebih kurang sebagai berikut:
1.
Tata
surya terbentuk dari awan gas hidrogen dan debu yang berputar lalu memadat dan
menjadi bola dengan suhu yang panas da bersinar lebih kurang 5 milyar tahun
yang lalu. Dan juga karena gravitasi (gaya berat) awan tersebut menyusut.
Akibatnya, tekanan dan suhunya bertambah tinggi.
2.
Batuan
yang tertua di bumi kira-kira berumur 3,8 milyar tahun, tetapi meteorit dan
batuan dari bulan ada yang berumur sampai 4,6 milyar tahun. Dalam hal ini para
geologiwan berpendapat bahwa sesungguhnya bumi juga setu itu pula, mungkin
karena hancur akibat proses geologis.
3.
Para
astronom berpendapat bahwa planet-planet terbentuk dalam awan yang ringan (gas
ringan) dan sedikit gas berat yang menjadi inti planet tersebut.
D.
MATAHARI
Matahari bukanlah benda padat, tetapi merupakan lapisan dari
beberapa macam gas dengan tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Matahari
dengan bahan bakar hidrogen akan mengalami masa kehabisan bahan bakar.
Akibatnya, intinya akan menyusut dan menghasilkan lebih banyak energi (bukan
cahaya). Energi tersebut membuat matahari membesar (disebut bintang raksasa
merah) yang pada akhirnya akan menelan bumi. Matahari melepaskan lapisan luar,
menghasilkan awan besar ( nebula planet), dan sisanya mendingin,
menyusut dan menjadi black hole. Bila bahan bakar habis terkuras
matahari menjadi labil, meledak dan menjadi supernova.
E.
BUMI
Dibanding planet yang lain, bumi merupakan planet yang
istimewa. Kaistimewaan tersebut adalah:
1. Jaraknya dengan matahari tidak
terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sehingga udara bumi tidak terlalu panas
dan tidak terlalu dingin.
2. Terdapat cairan air di bumi
(samudera dan lautan)
3. Bumi mempunyai atmosfir sehingga
terdapat awan dan hujan.
4. Atmosfir bumi membuat perbedaan
suhu antara siang dan malam (seperti bulan) tidak terlalu ekstrim.
5. Atmosfir bumi mengandung oksigen
sehingga terdapat kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.
6. Atmosfir bumi melindungi
kehidupan dari kerusakan akibat sinar dzarah dari matahari yang dapat merusak
bumi.
F.
BULAN
Bulan beredar mengelilingi bumi sekali dn juga berotasi
sekali. Akibatnya, muka dan punggung bulan yang mengjhadap (dan membelakangi
bumi) selalu tetap.
Bulan
tidak mepunyai atmosfir dan juga air sehingga merupakan daerah yang kering dan
mati. Adapun yang berpendapat bahwa bulan terjadi akibat pemisahanya dengan
bumi ketika bumi dalam stadia bintang.Jadi, belum mempunyai kerak yang padat.
Ini berarti bulan merupakan saudara bumi. Dengan kata lain selena
adalah saudara gea.
BAB
III
PERKEMBANGAN
ILMU BIOLOGI, FISIKA, DAN KIMIA MENURUT ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN AL-QURAN
A. BIOLOGI DITINJAU DARI ILMU
PENGETAHUAN BARAT
Menurut
suatu teori, organisme sekarang yang beraneka ragam merupakan hasil dari proses
evolusi kehidupan.yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain
melalui suatu proses yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai
jutaan tahun. Teori tersebut menyebutkan bahwa organisme yang mula-mula ada di
dunia berupa organisme bersel tunggal dan organism ini derasal dari agresi
molekul-molekul yang ada.
B. BIOLOGI DITINJAU DARI SEGI AGAMA
ISLAM
Pada
sekitar satu dasawarsa terakhir ini, gagasan-gagasan sosiobiologi ,
tanpa membuktikan nilai ilmiah yang hakiki, telah berhasil menambahkan
kekhawatiran bahwa pengaruh biologi terhadap nilaimanusiawi telah mencapai
proporsi yang membahayakan. Masa yang akan datang tk pelak lagi akan memperluas
pengaruh-pengaruh biologis dalam permasalahan manusia. Sekalipun demikian
bahaya yang sesungguhnya akan tiba adalah jika salah satu dari biologi
mendorong pencarian karakter moral dan penelitian moral, tidak melalui medium
biologis, melainkan dengan mengambil paradigma-paradigma naturalistic
yang berakar dalam pandangan biologis.
Islam
secara tegas menolak paradigm biologis sebagai raison d’entre bagi
perilaku moral manusia.
C. FISIKA DITINJAU DARI ILMU
PENGETAHUAN BARAT
Konsep
energy berkembang setelah diketahui bahwa materi dapat berubah menjadi energy
dan sebaliknya. Konsep inilah yang membuahkan energy nuklir.
D. FISIKA DITINJAU DARI SEGI AGAMA
ISLAM
Ada
tiga bidang utama yang kita kenal sebagai ilmu fisika, yang sangat menarik
perhatian kaum muslim dan melahirkan tujuan besar. Yang pertama adalah optic,
kedua masalah gerak, ketiga masalah tentang berat ukuran.
E. KIMIA DITINJAU DARI ILMU
PENGETAHUAN BARAT
Ilmu
kimia berkembang sebagai Ilmu pengetahuan setelah Antonie Lauzen Lavoisier
memperkenalkan metode ilmiah. Yakni metode dengan pengematan, menghubungkan
pengamatan dengan kenyataan, mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan
percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan.
F. KIMIA DITINJAU DARI SEGI AGAMA
ISLAM
Tujuan
pembangunan dalam era tinggal landas adalah meningkatkan kualitas manusia
Indonesia. Dengan kata lain manusia Indonesia dibina dari manusia tradisional
sehingga mampu menjadi manusia modern.
BAB IV
TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA
REPRODUKSI ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN ISLAM
A.
TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT
ILMU PENGETAHUAN ALAM BARAT
1. Teori Lamark
(1744-1892)
Menurut
Lamark evolusi terjadi karena adaptasi, sedangkan adaptasi timbul karena
diinginkan.
2. Teori Darwin (1809-1882)
Menurutnya,
organism menjadi sesuai dengan lingkunganya dalam proses evolusi dan proses ini
dikendalikan oleh seleksi alam.
3. Teori Darwin – Wiesmann
Wiesmann
melengkapi melengkapi teori Darwin dengan pernyataan sebagai berikut:
§ Evolusi merupakan masalah
genetika yaitu menyangkut masalahbagaimanadiwariskan gen-gen melalui sel-sel
kelamin.
§ Sel-sel tubuh tidak dipengaruhi
oleh lingkungan. Jadi, evolusi adalah gejala seleksi alam.
4. Teori De Vries
Menurutnya,
Evolusi disebabkan oleh adanya mutasi gen.
B.
TEORI
EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ISLAM
Al-Qur’an menegaskan bahwa manusia bukanlah keturunan kera.
Manusia pertama (Adam) diciptakan oleh Allah dari tanah. Manusia terdiri dari
meteri dan roh, diciptakan dari tanah kemudian menjadi lumpur hitam yang diberi
petunjuk menjadi tanah kering seperti tembikar dan disempurnakan bentuknya.
Allah meniupkan roh (ciptaannya) maka terjadilah Adam. (Firman Allah SWT
Qs.Al-hajr :28-29).
BAB V
TEKNOLOGI BARAT, MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN UPAYA
MENGATASINYA
A.
TEKNOLOGI
BARAT
1.
Tahap
Diskriminatif dan Kualitatif
Dimulai dari observasi dan
pencatatan gejala alam yang diamati kemudian timbul kebutuhan untuk
menyerdehanakan dengan proses klasifikasi dan sistematisasi. Setelah
pengetahuan terkumpul timbul kebutuhan untuk membandingkan konsep perbandingan
ini merupakan konsep yang lebih tinggi dan lebih efektif. Maka akan timbul
konsep klasifikasi dan koperatif (perbandingan) masih bersifat kualitatif.
2.
Tahap
simulatif dan kuantitatif
Proses simulasi yaitu menirukan
atau mengulangi peristiwa alam dengan jalan melakukan percobaan-percobaan.
Metode kuantitatif berkembang sebagai akibat penggunaan matematika dalam ilmu
pengetahuan alam.
3.
Ilmu
pengetahuan alam bersifat dinamis
Dari teori yang telah ada dibuka
kemungkinan untuk melakukan eksperimen yang baru. Kemudian dari data yang baru
yang diperoleh mungkin masih mendukung teori yang lama, tetepi juga ada
kemungkinan tidak lagi cocok sehingga perlu disusun teori yang baru.
B.
MASALAH
LINGKUNGAN HIDUP
1.
Pencapaian
kemakmuran dan perluasan kemudahan
a.
Dampak
positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
1)
Perkembangan
ilmu pengetahuan an teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya
perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu
pengetahuan ilmu yang baru.
2)
Perkembangan
ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.
b.
Dampak
negative yang menyulitkan pengendalian diri. Yaitu :
1)
Masalah
kesempatan kerja
2)
Masalah
pertambahan angkatan kerja dalam bidang industry
3)
Masalah
pengadaan dan permintaan bahan-bahan dasar
4)
Masalah
pembiayaan, penentuan arah, dan pola pendidikan
5)
Masalahn
yang berkaitan dengan kepincangan dan nilai perdagangan nasional.
2.
Dampak
terhadap pendayagunaan sumber daya alam
a.
Dampak
positif tentang keberhasilan manusia
1)
Pemanfaatan
pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat menaikkan kuantitas
suatu produksi seperti dibidang pertanian dan industry.
2)
Pengembangan
ilmu pengetahuan alam dan teknologi menaikkan kualitas / mutu produksi.
3)
Pengolahan
sumber daya alam yang efektif yang efisien menambah ragam produksi.
b.
Dampak
negative meningkatkan keborosan, menimbulkan penemaran, dan limbah.
3.
Dampak
terhadap transportasi dan komunikasi
a.
Dampak
positif dalam rangka keberhasilan manusia.
Setelah perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi,
orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi.
b.
Dampak
negative kebisingan, pencemaran, perubahan alam yang tak estetis.
1). Pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara
2). Adanya perubahan alam yang tidak estetis.
4.
Dampak
terhadap peningkatan kesehatan
a.
Dampak
positif alam upaya manusia menghindarkan penyakit menular.
1)
perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi dan
teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran.
2)
perkembangan
ilmu pengetahuan alam dan teknologi meningkatkan teknologi obat-obatan.
3)
perkembangan
ilmu pengetahuan alam dan teknologi memberantas penyakit menular.
b.
Dampak
negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
Di Negara-negara berkembang, penyakit-penyakit menular masih
merupakan musuh besarnamun,Negara-nagara maju justru dihantui oleh
penyakit-penyakit yang sebenarnya berasal dari tubuh manusia sendiri akibat
cara hidupnya yang kurang memperhatikan kesehatan diri, misalnya penyakit
jantung, hipertensi, kanker, stress, dan AIDS.
5.
Dampak
terhadap sumber daya manusia.
a.
Dampak
positif
1). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat
membuka banyak lapangan pekerjaan baru, di mana sumber daya manusia dapat
berperan.
2).perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menaikan
kualitas sumber daya manusia.
b. Dampak negative
1). Penemuan teknologi yang mengatur perilaku manusia
menyebabkan kemampuan perilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi
dalam susunan syaraf otak.
2). Pemahaman tingkah laku manusia demi tujuan ekonomis,
untung lebih bayak, menyebabkan penggunaan media ( radio, televisi) untuk
mengatur tingkah laku manusia.
3). Behavior
control memunculkan masalah etis bila
tingkah laku seseorang di control oleh teknologi dan bukan oleh manusia itu
sendiri
C.
UPAYA
MANUSIA MENGATASI MASALAHNYA
1.
Usaha
manusia untuk masa mendatang
Mencari sumber daya energy nonkonvensional
a.
Energy
matahari
b.
Energy
panas bumi
c.
Energy
angin
d.
Energy
pasang surut
e.
Energy
biogas
f.
Energy
biomassa
2.
Usaha
manusia untuk pelestariannya
Empat masalah yang menonjol yang perlu ditanggulangi demi
kelestarian hidup manusia dimasa mendatang adalah:
a.
Masalah
energy pengganti minyak bumi
b.
Penggunaan
teknologi yang tepat guna dengan mengurai dampak negatifnya
c.
Masalah
laju perkembangan penduduk yang harus ditanggulangi, antara lain dengan KB
d.
Masalah
kelestarian lingkungan hidup yang merupakan tanggung jawab dan disusahkan
bersama.
BAB VI
RAHASIA KEMAJUAN BARAT DALAM
BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI
A.
SAINS
DAN TEKNOLOGI
1.
Ilmu
Pengertian
ilmu secara fenomenal dapat dipandang sebagai suatu produk, proses dan
paradikma etika.
Sebagai produk ilmu adalah semua
pengetahuan yang telah di ketahui, dan disepakati oleh sebagian besar
masyarakat ilmiah. Sebagai proses, ilmu adalah kegiatan social untuk memahami
alam dengan metode ilmiah. Adapun sebagai paradikma etika, ilmu menurut Marton,
berpegang pada empat kaidah ilmiah, yaitu universalisme, komunalisme,
disinteresdesnes, dan skeptisisme yang terarah.
2.
Teknologi
Teknologi berasal dari kata Yunani techno
yang artinya keterampilan atau seni. Dan kata inilah diturunkan kata teknik
dan teknologi.
B.
HUBUNGAN
TIMBAL BAIK ANTARA SAINS DAN TEKNOLOGI
Tahapan
|
Bidang
Teknologi
|
Penunjang/konsep-konsep yang
bersangkutan
|
|
I.
|
Sampai
Revolusi industri
|
Pertanian
Permesinan
Kedokteran
|
Keterampilan
mekanik dan pembayaran peralatan dan kaidah empiris
|
II.
|
Sesudah
Revolusi industry sampai permulaan abad 20
|
Permesinan
Konstruksi
Teknik
istrik
|
Mekanika
termodinamika listrik maknit dan sebagainya
|
III.
|
Abad
20
|
Teknologi
|
Struktur
atom dan molekul pengetahuan material
Ikatan
kimia dan sebagainya
|
C.
BEBERAPA
KONSEP TEKNOLOGI
Beberapa
konsep teknologi yang penting adalah:
1.
Pengambilan
keputusan
2.
Sistem,
adalah suatu objek atau peristiwa yang terdiri atas rangkaian bagian yang
merupakan suatu kesatuan dan saling berinteraksi secara fungsional, dan
memproses suatu masukan menjadi keluaran.
3.
Umpan
balik, adalah diperlukan terlaksananya control yang mencangkup monitoring dan
koreksi.
D.
KEMAJUAN
TEKNOLOGI
Beberapa
contoh percepatan kemajuan teknologi:
1.
Percepatan
dari kecepatan manusia
Kecepatan perkembangan mobil dan
pesawat terbang dalam 50 tahun, 9 kali lebih maju dibandingkan dengan yang terjadi
pada kereta api selama 80 tahun.
2.
Penemuan
yang semakin efisien dengan mencari prinsip-prinsip dasar (tidak menggunakan
semua kombinasi yang ada).
3. Eleman yang dikombinasikan
semakin bertambah
BAB
VII
PERANAN
ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
A. DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK
MANUSIA
1.
Pangan
(makanan)
Dampak positif antara lain:
a. Ditemukanya bibit unggul
b. Digunakanya mekanisme pertanian
c. Diterapkanya cara pemupukan yang
tepat serta digunakanya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman
d. Digunakanya bioteknologi
Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida,
ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman tetapi juga dapat membunuh
hewan ternak, dapat meracuni hasil panen dan bahkan meracuni manusia sendiri.
2.
Sandang
(Pakaian)
Dampak positif antara lain:
a. Adanya mesin tekstil sehingga
memorcepat proses pembuatan pakaian
b. Telah ditemukanya serat sintesis
c. Pembuatan tekstil dapat
dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
Dampak negatif antara lain:
a.
Bahan-bahan
yangberupa polimer sintesis yang dalam bahasa sehari-hari dinamakan plastik,
kalau menjadi sampah tidak dapat di hancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk.
b.
Sampah
plastik kalau dibakar dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon.
3.
Papan
(tempat tinggal)
Dampak positifnya, antara
lain:
Dengan menerapkan teknologi
maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit.
Dampak negatifnya antara
lain:
a. Orang akan sangat mudah membabat
hutan sehingga hutan menjadi gundul akibatnya terjadi banjir, erosi,
pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilangnya kesuburan tanah yang pada
akhirnya menyengsarakan manusia.
b. Tenaga manusia banyak yang tidak
terpakai sehingga banyak terjadi pengangguran.
B. DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN
SUMBER DAYA ALAM
Dampak positif yang berupa keberhasilan manusia
Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi
dan dimanfaatkan untuk menaikan kuantitas suatu produk dalam bidang pertanian
dan industri.
C. DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
1.
Minyak
Bumi
Hasil pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara
lain karbondioksida dan karbomonoksida. Karbondioksida berguna untuk
fotosintesis, sedangkan gas monoksida sangat beracun.
2.
Batu
Bara
Pengangkutan batu bara mengganggu lingkungan akibat adanya
tumpahan batu bara yang dapat mencemari lingkungan.
D. DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA
MANUSIA
1. Dampak positif
a. Perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam
secara lebih efektif dan efisien.
b. Dapat menaikan kualitas sumber
daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia).
2. Dampak negative
a. Semakin meningkatnya
pengangguran.
b. Timbulnya pencemaran yang
disebabkan zat-zat radioaktif yang sangat beracun.
c. Mematikan imajinasi dan perasaan
serta kejiwaan manusia.
E. DAMPAK TERHADAP K0OMUNIKASI DAN
TRANSORTASI
1. Komunikasi
Dampak positifnya adalah:
a. Manusia dapat menciptakan
telegram
b. Manusia dapat menciptakan
telepon
c. Ditemukanya pesawat radio
d. Ditemukanya telefisi
e. Ditemukanya satelit
Dampak negatifnya
adalah:
Jika ilmu pengetahuan
alam danteknologi dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, timbul
kehancuran di muka bumi.
2. Transportasi
Dampak positifnya adalah: dapat membuat sarana transportasi
Dampak negatifnya adalah:
a. Timbulnya pencemaran suara
(kebisingan) dan pencemaran udara.
b. Sarana transportasi yang
menggunakan bahan bakar minyak bumi, jika terjadi pembakaran yang tidak
sempurna, dapat mengeluarkan gas CO (monoksida) dan dan SO2 (Sulfurdioksida)
yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, saluran pernafasan serta
paru-paru.
F.
DAMPAK
TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
1. Dampak positif
a. Perkembangan ilmu pengetahuan
alam dan teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas bidang kedokteran.
b. Dapat meningkatkan teknologi
obat-obatan.
c. Dapat memberantas panyakit
menular
2. Dampak negative secara tidak
langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
G. DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN
KEMAKMURAN
1. Dampak positif dalam upaya
pemenuhan kebutuhan manusia
a. Mendatangkan kemakmuran materi.
b. Mendatangkan kemudahan hidup.
2. Dampak negative yang menyulitkan
pengendalian diri.
BAB VIII
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP
ILMU BUDAYA DASAR
A.
LATAR
BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR
Latar belakang ilmu budaya dasar
bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendikiawan mengenai system
pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan system pendidikan belanda pada
masa penjajahan.
B.
TUJUAN
ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan ilmu budaya dasar adalah
mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berpikirnya.
C.
RUANG
LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
1.
Berbagai
aspek kehidupan yang emngungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat
didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
2.
Hakikat
manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudanya dalam kebudayaan
setiap zaman dan tempat.
BAB
IX
KONSEPSI
IBD DALAM KESUSTRAAN, SENI RUPA, DAN SENI MUSIK
A.
PENGERTIAN
KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas mengandung ide kebaikan.
Pengertian keindahan dalam arti estetik murni adalah pengalaman estetik
seseorang dalam hubunganya dengan sesuatu yang diserapnya. Adapun pengertian
keindahan dalam arti terbatas, hanya benda-benda yang dapat diserap dengan
penglihatan, yaitu berupa keindahan bentuk dan warna.
Para flosof mendefinisikan keindahan sebagai suatu kesatuan
hubungan yang formal pengamatan yang dapat menimbulkan rasa senang.
B.
CONTOH
KARYA SENI KEINDAHAN
Puisi-puisi ciptaan Lord Byro (1788-1824) di Inggris, dan
music-musik susunan Wagner dan lukisan Monalisa merupakan contoh karya seni
yang indah.
BAB X
KONSEPSI IBD DALAM AGAMA
FILSAFAT DAN KEINDAHAN
A.
KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas The
Liang Gie menjelaskan bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide
kebaikan. Plato menyebutnya sebagai watak yang hukum yang indah, sedangkan
Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan.
Platonius menyebutkan ilmu ynag indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani
berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Jadi, pengertian seluas-luasnya
meliputi:
a.
Keindahan
seni
b.
Keindahan
alam
c.
Keindahan
moral
d.
Keindahan
imtelektual
B.
RENUNGAN
Renungan berasal dari kata
renung, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu dengan
dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.
Setiap kegiatan merenung atau
mengevaluasi segenap pengetahuan yang telah dimiliki disebut berfilsafat.
C.
KESERASIAN
Keserasian berasal dari kata
serasi; dengan kata dasarnya adalah rasi yang cocok, sesuai, atau
kena benar. Kata cocok, mengandung pengertian perpaduan, ukuran, dan
seimbang. Perpaduan misalnya, orang yang berpakaian serasi antara kulit dan
warna pakaianya.
D.
KEHALUSAN
Kehalusan berasal dari kata halus,
artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, dan beradap. Kehalusan berarti
sifat-sifat yang halus, sopan, dan beradap.
BAB
XI
MANUSIA
DAN CINTA KASIH, PENDERITAAN DAN KEADILAN
A. MANUSIA DAN CINTA KASIH
Cinta kasih adalah perasaan
kasih sayang, kemesraan, belas kasihah dan pengabdian yang diunkaokan dengan
tingkah laku yang bertanggung jawab.
Macam-macam cinta kasih , yaitu
sebagai berikut:
1.
Cinta
kasih antar orang tua dan anak
2.
Cinta
kasih antar pria dan wanita
3.
Cinta
kasih antar sesama manusia
4.
Cinta
kasih antar manusia dan Tuhan
5.
Cinta
kasih manusia terhadap lingkunganya.
B. MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata
derita, kata derita berasal dari bahasa sangsekerta dhara, artinya
menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang
tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berbentuk lahir atau batin, Keduanya.
Termasuk penderitaan adalah keluh kesah, lesengsaraan, kelaparan,
kekenyangan,kepanasan dan lain-lain.
C. MANUSIA DAN KEADILAN
Keadilan adalah pengakuan dan
perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada
keseimbangan antara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajiban.
BAB
XII
PANDANGAN
HIDUP, TANGGUNG JAWAB DAN HARAPAN MANUSIA
A. PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup merupakan suatu
dasar atau landasan untuk mambimbing kehidupan jasmani dan rohani.
B. TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab adalah kesadaran
manusia akan tingkah laku atau perbuatanya.
C. HARAPAN MANUSIA
Harapan berasal dari kata harap,
artinya keinginan terjadinya sesuatu.
Harapan artinya keinginan yang
belum terwujud.
BAB XIII
BUDAYA YANG MENDORONG KEMAJUAN
DAN MENYEBABKAN KEMISKINAN
A.
BUDAYA
SEBAGAI SARANA KEMAJUAN DAN SEBAGAI ANCAMAN BAGI MANUSIA
Pada
abad ke-19 Filfus Hegel membahas budaya sebagai keterasingan manusia dengan
dirinya. Dalam berbudaya manusia tidak menerima begitu saja apa yang disediakan
oleh alam, tetapi ia harus mengubahnya dan mengembangkanya lebih lanjut. Dengan
berbuat demikian, Akan terjadi jurang antara manusia dan dirinya. Itulah yang
dimaksud dengan keterlepasan atau keterasingan yang menyebabkan terjadinya
ketegangan yang terus-menerus.
B.
PRODUKTIFITAS
Kemajuan
teknologi merupakan salah satu sisi meningkatkan produktivitas, sisi yang lain
adalah penambahan modal dan tenaga kerja.
C.
KEMISKINAN
Kemiskinan
merupakan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pokok, sehingga ia mengalami
keresahan, kesengsaraan atau kemelaratan dalam setiap langkah hidupnya
(Siswanto, 1988)
Factor-faktor
yang menyebabkan:
1.
Terbatasnya
sumber daya alam
2.
Terbatasnya
sumberdaya manusia
3.
Terbatasnya
barang modal
4.
Rendahnya
produktifitas
5.
Rendahnya
pendidikan
BAB XIV
KEBUDAYAAN PRIMITIF, AGRARIS DAN INDUSTRIAL
A. KEBUDAYAAN PRIMITIF AGRARIS
Ditinjau dari segi geogarfis,
desa adalah suatu hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dan
lingkunganya.
Ciri-ciri masyarakat pedesaaan:
1.
Setiap
warganya mempunyai hubungan yang mendalam dan erat
2.
System
kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
3.
Sebagian
besar hidup dari hasil pertanian
4.
Masyarakatnya
homogeny
B. MASYARAKAT PERKOTAAN
Beberapa ahli mengartikan kota
sebagai suatu himpunan penduduk yang bertemat tinggal di dalam pusat kegiatan
ekonomi, pemerintahan, kesenian, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Adapun
ciri-cirinya:
1.
Jumlah
penduduknya besar dan padat
2.
Mempunyai
penduduk yang beraneka ragam
3.
Penduduknya
lebih dinamis
4.
Lebih
cepat, lebih bebas, dan mudah bergerak
BAB
XV
LATAR
BELAKANG DAN RUANG LINGJUP PAMBAHASAN ILMU SOSIAL DASAR
A. LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
Telah
kita ketahui bahwa sumber semua Ilmu pengetahuan adalah filsafat. Baik
ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social, bila ditilik dari perkembanganya,
bermula dari ilmu filsafat. Dari filsafat itu kemudian lahirlah tiga cabang
ilmu pengetahuan, yaitu:
1.
Ilmu-
ilmu alamiah
2.
Ilmu-ilmu
social
3.
Ilmu-ilmu
budaya
B. RUANG LINGKUP PEMBAHASAN
Ruang
lingkup pembahasan mata kuliah ilmu social dasar, yaitu:
1. Berbagai aspek pada kenyataan
yang merupakan masalah social
2. Berbagai golongan dan kesatuan
social dalam masyarakat.
BAB XVI
INDIVIDU,
KELUARGA, MASYARAKAT DAN INTERKSI SOSIAL
A. INDIVIDU
Individu terdiri atas dua
dimensi, yaitu fisik dan psikis.
1.
Kehadiran
seseorang atau individu dalam kelompok keluarga maupun kelompok masyarakat
ditandai dengan wujud fisiknya.
2.
Wujud
individu tidak pernah lepas dari wujud psikisnya.
B. KELUARGA
Keluarga dapat dibentuk melalui
persekutuan-persekutuan individu karena adanya hubungan darah perkawinan
ataupun adopsi.
C. MASYARAKAT
Menurutnya kodratnya, manusia
adalah mahluk masyarakat. Manusia selalu hidup bersama dan berada di antara
manusia lainya.
BAB
XVII
REMAJA
DAN PEMUDA DALAM PERMASALAHAN GENERASI SOSIAL
A. PEMUDA DAN IDENTITAS
Dipundak pemuda terdapat
bermacam-macan harapan, terutama dari generasi lainya. Hal ini karena mereka di
harapkan dapat menjadi generasi penerus, yang akan melanjutkan perjuangan
generasi sebalumnya, dan generasi yang harus mengisi dan melangsngkan estafet
pembangunan secara terus menerus.
B. PERANAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT
1.
Pemuda
dan perkembangan pendidikan
Pertrambahan pendududk yang
sangat pesat akan membuat pincang dan lumpuh situasi kependudukan dan
perekonomian. Oleh karena itu, pelayanan kepada generasi muda di bidang
pendidikan, pengaderan, dan lapangan kerja harus di sesuaikan dengan situasi
tersebut.
2.
Pengalaman
pribadi membentuk mental
Sepaeti kita ketahui,mulai dari
anak-anak sampai menjadi orag tua, dan mulai dari dididik sampai pendidik, yang
berjalan secara wajar, dan ini tidak dapat dihindari di dalam masyarakat, uur
merupakan dasar untuk menentukan corak social- budaya, artinya hubungan antar
generasi, kegiatan social, dan sebagainya.
3.
Pengaruh
perubahan social ekonomi
Perubahan social akan dialami
setiap masyarakat dimana saja. Khusus yang menyangkut pemuda, perubahan yang
mencolok dalam susunan umur. Yang akan mempengaruhi sifat dan sikapnya.
4.
Penyesuaian
diri dengan lingkungan
BAB
XVII
PEMERINTAH,
NEGARA, DAN WARGA NEGARA PERMASALAHAN DEMOKRASI
A. PEMERINTAH
Negara memiliki kekuasaan dengan dasar dan tujuan tertentu.
Bagaimana melaksanakan, oleh siapa,untuk siapa kekuasaan itu, dan di batasi
oleh norma apa,semua itu termasuk bidang teori Negara.
B. NEGARA DAN WARGA NEGARA
Rakyat yang menetap di suatu wilayah tertentu dalam suatu
negara di sebut warga negar Ia mempunyai kewajiban terhadap Negara dan
sekaligus mempunyai hak-hak yang wajin diberikan dan dilindungi oleh Negara.
Ada dua asas dalam menentukan warga Negara
1.
Asas
Ius Soli (asas kelahiran)
2.
Asas
Ius Sanguinis (asas keturunan)
BAB
XIX
PELAPISAN
SOSIAL, PERSAMAAN DERAJAT, DISKRIMINASI
A.
PELAPISAN
SOSIAL
Masyarakat terbentuk dari
individu-individu yang memiliki berbagai latar belakang sehingga membentuk
suatu masyarakat heterogen yang terdiri atas kelompok-keompok social.
Dengan terjadinya kelompok social ini, terbentuklah pelapisan mesyarakat.
Pelapisan social terjadi dengan sendirinya dan terjadi dengan disengaja.
B.
KESAMAAN
DERAJAT
Hubungan antara manusia dan
lingkungan masyarakat pada umumnya adalah secara timbale balik. Artinya setiap
orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap
masyarakat maupun pemerintah dan Negara. Beberapa hak dan kewajiban ditetapkan
dalam undang-undang (konstitusi) sebagai hak dan kewajiban asasi.
C.
DISKRIMINASI
DAN PEMERATAAN
Dalam kehidupan masyarakat, ada
sesuatu yang dihargai, ayitu kekayaan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Hal itu
merupakan awal terbentuknya pelapisan social. Mereka yang banyak memiliki
sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang yang menduduki
lapisan atas. Sebaliknya, mereka yang hanya sedikit memiliki atau bahkan sama
sekali tidak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai
orang-orang yang menempati lapisan bawah dan berkedudukan rendah.
Kriteria yang dipergunakan untuk
menggolongkan anggota masyarakat dalam lapisan masyarakat, antara lain ukuran
kekuasaan, ukuran kekayaan, ukuran kehormatan, ukuran ilmu pengetahuan atau
pendidikan.
DAFTAR
PUSTAKA
Mawardi
Drs., Imu Alamiah Dasar, Ilmu Social Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Pustaka
Setia, Bandung, 2007
0 comments:
Post a Comment