' Nuqy Nuqy: Proses perkembangan pola pikir manusia

Monday, June 24, 2013

Proses perkembangan pola pikir manusia

BAB I
PROSES PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA

A.      RASA INGIN TAHU
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu,yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di alam sekitarnya, bulan, bintang, dan matahari, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri (antroposentris).

B.       MITOS
Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan maupun pengalamanya. Untuk itulah, manusia mereka-reka sendiri jawaban atas keingintahuanyaitu. Sebagai contoh: “Apakah pelangi itu?”, karena tak dapat dijawab, manusia mereka-reka jawaban bahwa pelangi adalah selendang “bidadari”. Jadi, muncul pengetahuan baru yaitu “ bidadari”.
Pengetahuan baru yang bermunculan dan dan kepercayaan itulah yang kita sebut dengan mitos.
C.      MITOS ANTARA PRO DAN KONTRA
Karena kemampuan berpikir manusia semakin maju dan di sertai pula oleh perlengkapan pengamatan, misalnya teropong bintang, mitos dengan berbagai legendanya makin di tinggalkan, dan mereka cenderung menggunakan akal sehat atau rasionya.
D.      TERBENTUKNYA GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi
Hipotesis Fowler (1957):
Menurut fowler, dua belas ribu juta tahun yang lalu galaksi kita tidaklah seperti sekarang ini. Bentuknya berupa kabut gas hydrogen yang sangat besar yang berada di ruang angkasa. Ia bergerak perlahan mengadakan rotasi sehingga keseluruhan berbentuk bulat. Karena gaya beratnya, ia mengadakan kontraksi. Masa bagian luar banyak yang tertinggal. Pada bagian yang berkisar lambat dan mempunyai berat jenis yang besar terbentuklah bintang-bintang. Gumpalan kabut yang telah menjadi bintang itupun secara perlahan mengadakan kontraksi. Energi potensialnya mereka keluarkan dalam bentuk sinar dan panas radiasi dan bintang-bintang itu pun semakin turun temperaturnya setelah berpuluh-puluh ribu tahun, iamempunyai bentuk yang boleh dikatakan tetapseperti halnya matahari hipotesis itu diyakinkan oleh suatu observasi yang di tujukan pada pusat galaksi, tempat dilahirkanya bintang baru, baik secara perlahan-lahan maupun secara eksplosif.
Galaksi dibedakan menjadi tiga macam:
1.Galaksi berbentuk spiral
2. Galaksi berbentuk elips
3. Galaksi berbentuk tak beraturan















BAB II
PROSES TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA DAN PENGHUNINYA
A.      ALAM SEMESTA
Alam semesta atau jagat raya adalah suatu ruangan yang maha besar yang di dalamnya terdapat kehidupan biotik dan abiotik, serta didalamnya terjadi segala peristiwa alam baik yang dapat diungkapkan manusia maupun yang tidak.
B.       TERJADINYA GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi disampaikan oleh Fowler (1957).
C.      TERJADINYA BUMI DAN SISTEM TATA SURYA
Pendapat tentang terjadinya tata surya yang paling mutakhir lebih kurang sebagai berikut:
1.         Tata surya terbentuk dari awan gas hidrogen dan debu yang berputar lalu memadat dan menjadi bola dengan suhu yang panas da bersinar lebih kurang 5 milyar tahun yang lalu. Dan juga karena gravitasi (gaya berat) awan tersebut menyusut. Akibatnya, tekanan dan suhunya bertambah tinggi.
2.         Batuan yang tertua di bumi kira-kira berumur 3,8 milyar tahun, tetapi meteorit dan batuan dari bulan ada yang berumur sampai 4,6 milyar tahun. Dalam hal ini para geologiwan berpendapat bahwa sesungguhnya bumi juga setu itu pula, mungkin karena hancur akibat  proses geologis.
3.         Para astronom berpendapat bahwa planet-planet terbentuk dalam awan yang ringan (gas ringan) dan sedikit gas berat yang menjadi inti planet tersebut.
D.      MATAHARI
Matahari bukanlah benda padat, tetapi merupakan lapisan dari beberapa macam gas dengan tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Matahari dengan bahan bakar hidrogen akan mengalami masa kehabisan bahan bakar. Akibatnya, intinya akan menyusut dan menghasilkan lebih banyak energi (bukan cahaya). Energi tersebut membuat matahari membesar (disebut bintang raksasa merah) yang pada akhirnya akan menelan bumi. Matahari melepaskan lapisan luar, menghasilkan awan besar ( nebula planet), dan sisanya mendingin, menyusut dan menjadi black hole. Bila bahan bakar habis terkuras matahari menjadi labil, meledak dan menjadi supernova.
E.       BUMI
Dibanding planet yang lain, bumi merupakan planet yang istimewa. Kaistimewaan tersebut adalah:
1.      Jaraknya dengan matahari tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sehingga udara bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
2.      Terdapat cairan air di bumi (samudera dan lautan)
3.      Bumi mempunyai atmosfir sehingga terdapat awan dan hujan.
4.      Atmosfir bumi membuat perbedaan suhu antara siang dan malam (seperti bulan) tidak terlalu ekstrim.
5.      Atmosfir bumi mengandung oksigen sehingga terdapat kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.
6.      Atmosfir bumi melindungi kehidupan dari kerusakan akibat sinar dzarah dari matahari yang dapat merusak bumi.
F.       BULAN
Bulan beredar mengelilingi bumi sekali dn juga berotasi sekali. Akibatnya, muka dan punggung bulan yang mengjhadap (dan membelakangi bumi) selalu tetap.
Bulan tidak mepunyai atmosfir dan juga air sehingga merupakan daerah yang kering dan mati. Adapun yang berpendapat bahwa bulan terjadi akibat pemisahanya dengan bumi ketika bumi dalam stadia bintang.Jadi, belum mempunyai kerak yang padat. Ini berarti bulan merupakan saudara bumi. Dengan kata lain selena adalah saudara gea.
BAB III
PERKEMBANGAN ILMU BIOLOGI, FISIKA, DAN KIMIA MENURUT ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN AL-QURAN
A.    BIOLOGI DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Menurut suatu teori, organisme sekarang yang beraneka ragam merupakan hasil dari proses evolusi kehidupan.yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain melalui suatu proses yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai jutaan tahun. Teori tersebut menyebutkan bahwa organisme yang mula-mula ada di dunia berupa organisme bersel tunggal dan organism ini derasal dari agresi molekul-molekul yang ada.
B.     BIOLOGI DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Pada sekitar satu dasawarsa terakhir ini, gagasan-gagasan sosiobiologi , tanpa membuktikan nilai ilmiah yang hakiki, telah berhasil menambahkan kekhawatiran bahwa pengaruh biologi terhadap nilaimanusiawi telah mencapai proporsi yang membahayakan. Masa yang akan datang tk pelak lagi akan memperluas pengaruh-pengaruh biologis dalam permasalahan manusia. Sekalipun demikian bahaya yang sesungguhnya akan tiba adalah jika salah satu dari biologi mendorong pencarian karakter moral dan penelitian moral, tidak melalui medium biologis, melainkan dengan mengambil paradigma-paradigma naturalistic yang berakar dalam pandangan biologis.
Islam secara tegas menolak paradigm biologis sebagai raison d’entre bagi perilaku moral manusia.
C.    FISIKA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Konsep energy berkembang setelah diketahui bahwa materi dapat berubah menjadi energy dan sebaliknya. Konsep inilah yang membuahkan energy nuklir.
D.    FISIKA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Ada tiga bidang utama yang kita kenal sebagai ilmu fisika, yang sangat menarik perhatian kaum muslim dan melahirkan tujuan besar. Yang pertama adalah optic, kedua masalah gerak, ketiga masalah tentang berat ukuran.
E.     KIMIA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Ilmu kimia berkembang sebagai Ilmu pengetahuan setelah Antonie Lauzen Lavoisier memperkenalkan metode ilmiah. Yakni metode dengan pengematan, menghubungkan pengamatan dengan kenyataan, mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan.
F.     KIMIA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Tujuan pembangunan dalam era tinggal landas adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Dengan kata lain manusia Indonesia dibina dari manusia tradisional sehingga mampu menjadi manusia modern.














BAB IV
TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN ISLAM

A.       TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ILMU PENGETAHUAN ALAM BARAT
1.     Teori Lamark  (1744-1892)
Menurut Lamark evolusi terjadi karena adaptasi, sedangkan adaptasi timbul karena diinginkan.
2.      Teori Darwin (1809-1882)
Menurutnya, organism menjadi sesuai dengan lingkunganya dalam proses evolusi dan proses ini dikendalikan oleh seleksi alam.
3.      Teori Darwin – Wiesmann
Wiesmann melengkapi melengkapi teori Darwin dengan pernyataan sebagai berikut:
§  Evolusi merupakan masalah genetika yaitu menyangkut masalahbagaimanadiwariskan gen-gen melalui sel-sel kelamin.
§  Sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi, evolusi adalah gejala seleksi alam.
4.      Teori De Vries
Menurutnya, Evolusi disebabkan oleh adanya mutasi gen.
B.       TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ISLAM
Al-Qur’an menegaskan bahwa manusia bukanlah keturunan kera. Manusia pertama (Adam) diciptakan oleh Allah dari tanah. Manusia terdiri dari meteri dan roh, diciptakan dari tanah kemudian menjadi lumpur hitam yang diberi petunjuk menjadi tanah kering seperti tembikar dan disempurnakan bentuknya. Allah meniupkan roh (ciptaannya) maka terjadilah Adam. (Firman Allah SWT Qs.Al-hajr :28-29).


BAB V
TEKNOLOGI BARAT, MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN UPAYA MENGATASINYA

A.      TEKNOLOGI BARAT
1.         Tahap Diskriminatif dan Kualitatif
Dimulai dari observasi dan pencatatan gejala alam yang diamati kemudian timbul kebutuhan untuk menyerdehanakan dengan proses klasifikasi dan sistematisasi. Setelah pengetahuan terkumpul timbul kebutuhan untuk membandingkan konsep perbandingan ini merupakan konsep yang lebih tinggi dan lebih efektif. Maka akan timbul konsep klasifikasi dan koperatif (perbandingan) masih bersifat kualitatif.
2.         Tahap simulatif dan kuantitatif
Proses simulasi yaitu menirukan atau mengulangi peristiwa alam dengan jalan melakukan percobaan-percobaan. Metode kuantitatif berkembang sebagai akibat penggunaan matematika dalam ilmu pengetahuan alam.
3.         Ilmu pengetahuan alam bersifat dinamis
Dari teori yang telah ada dibuka kemungkinan untuk melakukan eksperimen yang baru. Kemudian dari data yang baru yang diperoleh mungkin masih mendukung teori yang lama, tetepi juga ada kemungkinan tidak lagi cocok sehingga perlu disusun teori yang baru.
B.       MASALAH LINGKUNGAN HIDUP
1.         Pencapaian kemakmuran dan perluasan kemudahan
a.         Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
1)           Perkembangan ilmu pengetahuan an teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan ilmu yang baru.
2)           Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.
b.        Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri. Yaitu :
1)      Masalah kesempatan kerja
2)      Masalah pertambahan angkatan kerja dalam bidang industry
3)      Masalah pengadaan dan permintaan bahan-bahan dasar
4)      Masalah pembiayaan, penentuan arah, dan pola pendidikan
5)      Masalahn yang berkaitan dengan kepincangan dan nilai perdagangan nasional.
2.         Dampak terhadap pendayagunaan sumber daya alam
a.       Dampak positif tentang keberhasilan manusia
1)      Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat menaikkan kuantitas suatu produksi seperti dibidang pertanian dan industry.
2)      Pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menaikkan kualitas / mutu produksi.
3)      Pengolahan sumber daya alam yang efektif yang efisien menambah ragam produksi.
b.      Dampak negative meningkatkan keborosan, menimbulkan penemaran, dan limbah.
3.         Dampak terhadap transportasi dan komunikasi
a.       Dampak positif dalam rangka keberhasilan manusia.
Setelah perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi.
b.      Dampak negative kebisingan, pencemaran, perubahan alam yang tak estetis.
1). Pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara
2). Adanya perubahan alam yang tidak estetis.
4.         Dampak terhadap peningkatan kesehatan
a.       Dampak positif alam upaya manusia menghindarkan penyakit menular.
1)         perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan  teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran.
2)         perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi meningkatkan teknologi obat-obatan.
3)         perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi memberantas penyakit menular.
b.      Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
Di Negara-negara berkembang, penyakit-penyakit menular masih merupakan musuh besarnamun,Negara-nagara maju justru dihantui oleh penyakit-penyakit yang sebenarnya berasal dari tubuh manusia sendiri akibat cara hidupnya yang kurang memperhatikan kesehatan diri, misalnya penyakit jantung, hipertensi, kanker, stress, dan AIDS.
5.         Dampak terhadap sumber daya manusia.
a.       Dampak positif
1). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, di mana sumber daya manusia dapat berperan.
2).perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menaikan kualitas sumber daya manusia.
b.  Dampak negative
1). Penemuan teknologi yang mengatur perilaku manusia menyebabkan kemampuan perilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi dalam susunan syaraf otak.
2). Pemahaman tingkah laku manusia demi tujuan ekonomis, untung lebih bayak, menyebabkan penggunaan media ( radio, televisi) untuk mengatur tingkah laku manusia.
3). Behavior control memunculkan masalah etis  bila tingkah laku seseorang di control oleh teknologi dan bukan oleh manusia itu sendiri
C.      UPAYA MANUSIA MENGATASI MASALAHNYA
1.         Usaha manusia untuk masa mendatang
Mencari sumber daya energy nonkonvensional
a.         Energy matahari
b.        Energy panas bumi
c.         Energy angin
d.        Energy pasang surut
e.         Energy biogas
f.         Energy biomassa
2.         Usaha manusia untuk pelestariannya
Empat masalah yang menonjol yang perlu ditanggulangi demi kelestarian hidup manusia dimasa mendatang adalah:
a.         Masalah energy pengganti minyak bumi
b.        Penggunaan teknologi yang tepat guna dengan mengurai dampak negatifnya
c.         Masalah laju perkembangan penduduk yang harus ditanggulangi, antara lain dengan KB
d.        Masalah kelestarian lingkungan hidup yang merupakan tanggung jawab dan disusahkan bersama.






BAB VI
RAHASIA KEMAJUAN BARAT DALAM BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI

A.      SAINS DAN TEKNOLOGI
1.         Ilmu
          Pengertian ilmu secara fenomenal dapat dipandang sebagai suatu produk, proses dan paradikma etika.
Sebagai produk ilmu adalah semua pengetahuan yang telah di ketahui, dan disepakati oleh sebagian besar masyarakat ilmiah. Sebagai proses, ilmu adalah kegiatan social untuk memahami alam dengan metode ilmiah. Adapun sebagai paradikma etika, ilmu menurut Marton, berpegang pada empat kaidah ilmiah, yaitu universalisme, komunalisme, disinteresdesnes, dan skeptisisme yang terarah.
2.         Teknologi
Teknologi berasal dari kata Yunani techno yang artinya keterampilan atau seni. Dan kata inilah diturunkan kata teknik dan teknologi.

B.       HUBUNGAN TIMBAL BAIK ANTARA SAINS DAN TEKNOLOGI

Tahapan
Bidang Teknologi
Penunjang/konsep-konsep yang bersangkutan
I.
Sampai Revolusi industri
Pertanian
Permesinan
Kedokteran
Keterampilan mekanik dan pembayaran peralatan dan kaidah empiris
II.
Sesudah Revolusi industry sampai permulaan abad 20
Permesinan
Konstruksi
Teknik istrik
Mekanika termodinamika listrik maknit dan sebagainya
III.
Abad 20
Teknologi
Struktur atom dan molekul pengetahuan material
Ikatan kimia dan sebagainya

C.      BEBERAPA KONSEP TEKNOLOGI
Beberapa konsep teknologi yang penting adalah:
1.      Pengambilan keputusan
2.      Sistem, adalah suatu objek atau peristiwa yang terdiri atas rangkaian bagian yang merupakan suatu kesatuan dan saling berinteraksi secara fungsional, dan memproses suatu masukan menjadi keluaran.
3.      Umpan balik, adalah diperlukan terlaksananya control yang mencangkup monitoring dan koreksi.
D.      KEMAJUAN TEKNOLOGI
Beberapa contoh percepatan kemajuan teknologi:
1.      Percepatan dari kecepatan manusia
Kecepatan perkembangan mobil dan pesawat terbang dalam 50 tahun, 9 kali lebih maju dibandingkan dengan yang terjadi pada kereta api selama 80 tahun.
2.      Penemuan yang semakin efisien dengan mencari prinsip-prinsip dasar (tidak menggunakan semua kombinasi yang ada).
3.      Eleman yang dikombinasikan semakin bertambah









BAB VII
PERANAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

A.       DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA
1.    Pangan (makanan)
Dampak positif antara lain:
a.       Ditemukanya bibit unggul
b.      Digunakanya mekanisme pertanian
c.       Diterapkanya cara pemupukan yang tepat serta digunakanya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman
d.      Digunakanya bioteknologi
Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen dan bahkan meracuni manusia sendiri.
2.      Sandang (Pakaian)
Dampak positif antara lain:
a.       Adanya mesin tekstil sehingga memorcepat proses pembuatan pakaian
b.      Telah ditemukanya serat sintesis
c.       Pembuatan tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
Dampak negatif antara lain:
a.         Bahan-bahan yangberupa polimer sintesis yang dalam bahasa sehari-hari dinamakan plastik, kalau menjadi sampah tidak dapat di hancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk.
b.         Sampah plastik kalau dibakar dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon.
3.      Papan (tempat tinggal)
Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit.
Dampak negatifnya antara lain:
a.       Orang akan sangat mudah membabat hutan sehingga hutan menjadi gundul akibatnya terjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilangnya kesuburan tanah yang pada akhirnya menyengsarakan manusia.
b.      Tenaga manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak terjadi pengangguran.
B.       DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Dampak positif yang berupa keberhasilan manusia
Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dan dimanfaatkan untuk menaikan kuantitas suatu produk dalam bidang pertanian dan industri.
C.       DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
1.         Minyak Bumi
Hasil pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida dan karbomonoksida. Karbondioksida berguna untuk fotosintesis, sedangkan gas monoksida sangat beracun.
2.         Batu Bara
Pengangkutan batu bara mengganggu lingkungan akibat adanya tumpahan batu bara yang dapat mencemari lingkungan.
D.       DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA
1.      Dampak positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efisien.
b.      Dapat menaikan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia).
2.      Dampak negative
a.       Semakin meningkatnya pengangguran.
b.      Timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radioaktif yang sangat beracun.
c.       Mematikan imajinasi dan perasaan serta kejiwaan manusia.
E.       DAMPAK TERHADAP K0OMUNIKASI DAN TRANSORTASI
1.      Komunikasi
Dampak positifnya adalah:
a.       Manusia dapat menciptakan telegram
b.      Manusia dapat menciptakan telepon
c.       Ditemukanya pesawat radio
d.      Ditemukanya telefisi
e.       Ditemukanya satelit
Dampak negatifnya adalah:
Jika ilmu pengetahuan alam danteknologi dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, timbul kehancuran di muka bumi.
2.      Transportasi
Dampak positifnya adalah: dapat membuat sarana transportasi
Dampak negatifnya adalah:
a.       Timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara.
b.      Sarana transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi, jika terjadi pembakaran yang tidak sempurna, dapat mengeluarkan gas CO (monoksida) dan dan SO2 (Sulfurdioksida) yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, saluran pernafasan serta paru-paru.

F.        DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
1.      Dampak positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas bidang kedokteran.
b.      Dapat meningkatkan teknologi obat-obatan.
c.       Dapat memberantas panyakit menular
2.      Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
G.      DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN
1.      Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
a.       Mendatangkan kemakmuran materi.
b.      Mendatangkan kemudahan hidup.
2.      Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri.













BAB VIII
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

A.         LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR
Latar belakang ilmu budaya dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendikiawan mengenai system pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan system pendidikan belanda pada masa penjajahan.
B.          TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berpikirnya.
C.         RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
1.         Berbagai aspek kehidupan yang emngungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
2.         Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudanya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat.










BAB IX
KONSEPSI IBD DALAM KESUSTRAAN, SENI RUPA, DAN SENI MUSIK

A.      PENGERTIAN KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas mengandung ide kebaikan. Pengertian keindahan dalam arti estetik murni adalah pengalaman estetik seseorang dalam hubunganya dengan sesuatu yang diserapnya. Adapun pengertian keindahan dalam arti terbatas, hanya benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yaitu berupa keindahan bentuk dan warna.
Para flosof mendefinisikan keindahan sebagai suatu kesatuan hubungan yang formal pengamatan yang dapat menimbulkan rasa senang.
B.       CONTOH KARYA SENI KEINDAHAN
Puisi-puisi ciptaan Lord Byro (1788-1824) di Inggris, dan music-musik susunan Wagner dan lukisan Monalisa merupakan contoh karya seni yang indah.











BAB X
KONSEPSI IBD DALAM AGAMA FILSAFAT DAN KEINDAHAN

A.      KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas The Liang Gie menjelaskan bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Plato menyebutnya sebagai watak yang hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Platonius menyebutkan ilmu ynag indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Jadi, pengertian seluas-luasnya meliputi:
a.    Keindahan seni
b.    Keindahan alam
c.    Keindahan moral
d.   Keindahan imtelektual
B.     RENUNGAN
Renungan berasal dari kata renung, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.
Setiap kegiatan merenung atau mengevaluasi segenap pengetahuan yang telah dimiliki disebut berfilsafat.
C.    KESERASIAN
Keserasian berasal dari kata serasi; dengan kata dasarnya adalah rasi yang cocok, sesuai, atau kena benar. Kata cocok, mengandung pengertian perpaduan, ukuran, dan seimbang. Perpaduan misalnya, orang yang berpakaian serasi antara kulit dan warna pakaianya.
D.    KEHALUSAN
Kehalusan berasal dari kata halus, artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, dan beradap. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus, sopan, dan beradap.
BAB XI
MANUSIA DAN CINTA KASIH, PENDERITAAN DAN KEADILAN

A.      MANUSIA DAN CINTA KASIH
Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihah dan pengabdian yang diunkaokan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab.
Macam-macam cinta kasih , yaitu sebagai berikut:
1.    Cinta kasih antar orang tua dan anak
2.    Cinta kasih antar pria dan wanita
3.    Cinta kasih antar sesama manusia
4.    Cinta kasih antar manusia dan Tuhan
5.    Cinta kasih manusia terhadap lingkunganya.
B.       MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita, kata derita berasal dari bahasa sangsekerta dhara, artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berbentuk lahir atau batin, Keduanya. Termasuk penderitaan adalah keluh kesah, lesengsaraan, kelaparan, kekenyangan,kepanasan dan lain-lain.
C.      MANUSIA DAN KEADILAN
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keseimbangan antara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajiban.





BAB XII
PANDANGAN HIDUP, TANGGUNG JAWAB DAN HARAPAN MANUSIA

A.      PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk mambimbing kehidupan jasmani dan rohani.
B.       TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatanya.
C.      HARAPAN MANUSIA
Harapan berasal dari kata harap, artinya keinginan terjadinya sesuatu.
Harapan artinya keinginan yang belum terwujud.
















BAB XIII
BUDAYA YANG MENDORONG KEMAJUAN DAN MENYEBABKAN KEMISKINAN

A.      BUDAYA SEBAGAI SARANA KEMAJUAN DAN SEBAGAI ANCAMAN BAGI MANUSIA
Pada abad ke-19 Filfus Hegel membahas budaya sebagai keterasingan manusia dengan dirinya. Dalam berbudaya manusia tidak menerima begitu saja apa yang disediakan oleh alam, tetapi ia harus mengubahnya dan mengembangkanya lebih lanjut. Dengan berbuat demikian, Akan terjadi jurang antara manusia dan dirinya. Itulah yang dimaksud dengan keterlepasan atau keterasingan yang menyebabkan terjadinya ketegangan yang terus-menerus.
B.       PRODUKTIFITAS
Kemajuan teknologi merupakan salah satu sisi meningkatkan produktivitas, sisi yang lain adalah penambahan modal dan tenaga kerja.
C.      KEMISKINAN
Kemiskinan merupakan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pokok, sehingga ia mengalami keresahan, kesengsaraan atau kemelaratan dalam setiap langkah hidupnya (Siswanto, 1988)
Factor-faktor yang menyebabkan:
1.      Terbatasnya sumber daya alam
2.      Terbatasnya sumberdaya manusia
3.      Terbatasnya barang modal
4.      Rendahnya produktifitas
5.      Rendahnya pendidikan


BAB XIV
KEBUDAYAAN PRIMITIF, AGRARIS DAN INDUSTRIAL

A.      KEBUDAYAAN PRIMITIF AGRARIS
Ditinjau dari segi geogarfis, desa adalah suatu hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dan lingkunganya.
Ciri-ciri masyarakat pedesaaan:
1.         Setiap warganya mempunyai hubungan yang mendalam dan erat
2.         System kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
3.         Sebagian besar hidup dari hasil pertanian
4.         Masyarakatnya homogeny
B.       MASYARAKAT PERKOTAAN
Beberapa ahli mengartikan kota sebagai suatu himpunan penduduk yang bertemat tinggal di dalam pusat kegiatan ekonomi, pemerintahan, kesenian, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Adapun ciri-cirinya:
1.    Jumlah penduduknya besar dan padat
2.    Mempunyai penduduk yang beraneka ragam
3.    Penduduknya lebih dinamis
4.    Lebih cepat, lebih bebas, dan mudah bergerak







BAB XV
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGJUP PAMBAHASAN ILMU SOSIAL DASAR

A.      LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
Telah kita ketahui bahwa sumber semua Ilmu pengetahuan adalah filsafat. Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social, bila ditilik dari perkembanganya, bermula dari ilmu filsafat. Dari filsafat itu kemudian lahirlah tiga cabang ilmu pengetahuan, yaitu:
1.      Ilmu- ilmu alamiah
2.      Ilmu-ilmu social
3.      Ilmu-ilmu budaya
B.       RUANG LINGKUP PEMBAHASAN
Ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu social dasar, yaitu:
1.      Berbagai aspek pada kenyataan yang merupakan masalah social
2.      Berbagai golongan dan kesatuan social dalam masyarakat.








BAB XVI
INDIVIDU, KELUARGA, MASYARAKAT DAN INTERKSI SOSIAL

A.      INDIVIDU
Individu terdiri atas dua dimensi, yaitu fisik dan psikis.
1.      Kehadiran seseorang atau individu dalam kelompok keluarga maupun kelompok masyarakat ditandai dengan wujud fisiknya.
2.      Wujud individu tidak pernah lepas dari wujud psikisnya.
B.       KELUARGA
Keluarga dapat dibentuk melalui persekutuan-persekutuan individu karena adanya hubungan darah perkawinan ataupun adopsi.
C.      MASYARAKAT
Menurutnya kodratnya, manusia adalah mahluk masyarakat. Manusia selalu hidup bersama dan berada di antara manusia lainya.










BAB XVII
REMAJA DAN PEMUDA DALAM PERMASALAHAN GENERASI SOSIAL

A.      PEMUDA DAN IDENTITAS
Dipundak pemuda terdapat bermacam-macan harapan, terutama dari generasi lainya. Hal ini karena mereka di harapkan dapat menjadi generasi penerus, yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebalumnya, dan generasi yang harus mengisi dan melangsngkan estafet pembangunan secara terus menerus.
B.       PERANAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT
1.    Pemuda dan perkembangan pendidikan
Pertrambahan pendududk yang sangat pesat akan membuat pincang dan lumpuh situasi kependudukan dan perekonomian. Oleh karena itu, pelayanan kepada generasi muda di bidang pendidikan, pengaderan, dan lapangan kerja harus di sesuaikan dengan situasi tersebut.
2.    Pengalaman pribadi membentuk mental
Sepaeti kita ketahui,mulai dari anak-anak sampai menjadi orag tua, dan mulai dari dididik sampai pendidik, yang berjalan secara wajar, dan ini tidak dapat dihindari di dalam masyarakat, uur merupakan dasar untuk menentukan corak social- budaya, artinya hubungan antar generasi, kegiatan social, dan sebagainya.
3.    Pengaruh perubahan social ekonomi
Perubahan social akan dialami setiap masyarakat dimana saja. Khusus yang menyangkut pemuda, perubahan yang mencolok dalam susunan umur. Yang akan mempengaruhi sifat dan sikapnya.
4.    Penyesuaian diri dengan lingkungan


BAB XVII
PEMERINTAH, NEGARA, DAN WARGA NEGARA PERMASALAHAN DEMOKRASI

A.      PEMERINTAH
Negara memiliki kekuasaan dengan dasar dan tujuan tertentu. Bagaimana melaksanakan, oleh siapa,untuk siapa kekuasaan itu, dan di batasi oleh norma apa,semua itu termasuk bidang teori Negara.
B.       NEGARA DAN WARGA NEGARA
Rakyat yang menetap di suatu wilayah tertentu dalam suatu negara di sebut warga negar Ia mempunyai kewajiban terhadap Negara dan sekaligus mempunyai hak-hak yang wajin diberikan dan dilindungi oleh Negara.
Ada dua asas dalam menentukan warga Negara
1.        Asas Ius Soli (asas kelahiran)
2.        Asas Ius Sanguinis (asas keturunan)










BAB XIX
PELAPISAN SOSIAL, PERSAMAAN DERAJAT, DISKRIMINASI

A.    PELAPISAN SOSIAL
Masyarakat terbentuk dari individu-individu yang memiliki berbagai latar belakang sehingga membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri atas kelompok-keompok social. Dengan terjadinya kelompok social ini, terbentuklah pelapisan mesyarakat. Pelapisan social terjadi dengan sendirinya dan terjadi dengan disengaja.

B.     KESAMAAN DERAJAT
Hubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah secara timbale balik. Artinya setiap orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun pemerintah dan Negara. Beberapa hak dan kewajiban ditetapkan dalam undang-undang (konstitusi) sebagai hak dan kewajiban asasi.

C.    DISKRIMINASI DAN PEMERATAAN
Dalam kehidupan masyarakat, ada sesuatu yang dihargai, ayitu kekayaan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Hal itu merupakan awal terbentuknya pelapisan social. Mereka yang banyak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang yang menduduki lapisan atas. Sebaliknya, mereka yang hanya sedikit memiliki atau bahkan sama sekali tidak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang-orang yang menempati lapisan bawah dan berkedudukan rendah.
Kriteria yang dipergunakan untuk menggolongkan anggota masyarakat dalam lapisan masyarakat, antara lain ukuran kekuasaan, ukuran kekayaan, ukuran kehormatan, ukuran ilmu pengetahuan atau pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA

Mawardi Drs., Imu Alamiah Dasar, Ilmu Social Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Pustaka Setia, Bandung, 2007








 BAB I
PROSES PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA

A.      RASA INGIN TAHU
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu,yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di alam sekitarnya, bulan, bintang, dan matahari, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri (antroposentris).
B.       MITOS
Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan maupun pengalamanya. Untuk itulah, manusia mereka-reka sendiri jawaban atas keingintahuanyaitu. Sebagai contoh: “Apakah pelangi itu?”, karena tak dapat dijawab, manusia mereka-reka jawaban bahwa pelangi adalah selendang “bidadari”. Jadi, muncul pengetahuan baru yaitu “ bidadari”.
Pengetahuan baru yang bermunculan dan dan kepercayaan itulah yang kita sebut dengan mitos.
C.      MITOS ANTARA PRO DAN KONTRA
Karena kemampuan berpikir manusia semakin maju dan di sertai pula oleh perlengkapan pengamatan, misalnya teropong bintang, mitos dengan berbagai legendanya makin di tinggalkan, dan mereka cenderung menggunakan akal sehat atau rasionya.
D.      TERBENTUKNYA GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi
Hipotesis Fowler (1957):
Menurut fowler, dua belas ribu juta tahun yang lalu galaksi kita tidaklah seperti sekarang ini. Bentuknya berupa kabut gas hydrogen yang sangat besar yang berada di ruang angkasa. Ia bergerak perlahan mengadakan rotasi sehingga keseluruhan berbentuk bulat. Karena gaya beratnya, ia mengadakan kontraksi. Masa bagian luar banyak yang tertinggal. Pada bagian yang berkisar lambat dan mempunyai berat jenis yang besar terbentuklah bintang-bintang. Gumpalan kabut yang telah menjadi bintang itupun secara perlahan mengadakan kontraksi. Energi potensialnya mereka keluarkan dalam bentuk sinar dan panas radiasi dan bintang-bintang itu pun semakin turun temperaturnya setelah berpuluh-puluh ribu tahun, iamempunyai bentuk yang boleh dikatakan tetapseperti halnya matahari hipotesis itu diyakinkan oleh suatu observasi yang di tujukan pada pusat galaksi, tempat dilahirkanya bintang baru, baik secara perlahan-lahan maupun secara eksplosif.
Galaksi dibedakan menjadi tiga macam:
1.Galaksi berbentuk spiral
2. Galaksi berbentuk elips
3. Galaksi berbentuk tak beraturan















BAB II
PROSES TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA DAN PENGHUNINYA
A.      ALAM SEMESTA
Alam semesta atau jagat raya adalah suatu ruangan yang maha besar yang di dalamnya terdapat kehidupan biotik dan abiotik, serta didalamnya terjadi segala peristiwa alam baik yang dapat diungkapkan manusia maupun yang tidak.
B.       TERJADINYA GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi disampaikan oleh Fowler (1957).
C.      TERJADINYA BUMI DAN SISTEM TATA SURYA
Pendapat tentang terjadinya tata surya yang paling mutakhir lebih kurang sebagai berikut:
1.         Tata surya terbentuk dari awan gas hidrogen dan debu yang berputar lalu memadat dan menjadi bola dengan suhu yang panas da bersinar lebih kurang 5 milyar tahun yang lalu. Dan juga karena gravitasi (gaya berat) awan tersebut menyusut. Akibatnya, tekanan dan suhunya bertambah tinggi.
2.         Batuan yang tertua di bumi kira-kira berumur 3,8 milyar tahun, tetapi meteorit dan batuan dari bulan ada yang berumur sampai 4,6 milyar tahun. Dalam hal ini para geologiwan berpendapat bahwa sesungguhnya bumi juga setu itu pula, mungkin karena hancur akibat  proses geologis.
3.         Para astronom berpendapat bahwa planet-planet terbentuk dalam awan yang ringan (gas ringan) dan sedikit gas berat yang menjadi inti planet tersebut.
D.      MATAHARI
Matahari bukanlah benda padat, tetapi merupakan lapisan dari beberapa macam gas dengan tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Matahari dengan bahan bakar hidrogen akan mengalami masa kehabisan bahan bakar. Akibatnya, intinya akan menyusut dan menghasilkan lebih banyak energi (bukan cahaya). Energi tersebut membuat matahari membesar (disebut bintang raksasa merah) yang pada akhirnya akan menelan bumi. Matahari melepaskan lapisan luar, menghasilkan awan besar ( nebula planet), dan sisanya mendingin, menyusut dan menjadi black hole. Bila bahan bakar habis terkuras matahari menjadi labil, meledak dan menjadi supernova.
E.       BUMI
Dibanding planet yang lain, bumi merupakan planet yang istimewa. Kaistimewaan tersebut adalah:
1.      Jaraknya dengan matahari tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sehingga udara bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
2.      Terdapat cairan air di bumi (samudera dan lautan)
3.      Bumi mempunyai atmosfir sehingga terdapat awan dan hujan.
4.      Atmosfir bumi membuat perbedaan suhu antara siang dan malam (seperti bulan) tidak terlalu ekstrim.
5.      Atmosfir bumi mengandung oksigen sehingga terdapat kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.
6.      Atmosfir bumi melindungi kehidupan dari kerusakan akibat sinar dzarah dari matahari yang dapat merusak bumi.
F.       BULAN
Bulan beredar mengelilingi bumi sekali dn juga berotasi sekali. Akibatnya, muka dan punggung bulan yang mengjhadap (dan membelakangi bumi) selalu tetap.
Bulan tidak mepunyai atmosfir dan juga air sehingga merupakan daerah yang kering dan mati. Adapun yang berpendapat bahwa bulan terjadi akibat pemisahanya dengan bumi ketika bumi dalam stadia bintang.Jadi, belum mempunyai kerak yang padat. Ini berarti bulan merupakan saudara bumi. Dengan kata lain selena adalah saudara gea.
BAB III
PERKEMBANGAN ILMU BIOLOGI, FISIKA, DAN KIMIA MENURUT ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN AL-QURAN
A.    BIOLOGI DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Menurut suatu teori, organisme sekarang yang beraneka ragam merupakan hasil dari proses evolusi kehidupan.yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain melalui suatu proses yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai jutaan tahun. Teori tersebut menyebutkan bahwa organisme yang mula-mula ada di dunia berupa organisme bersel tunggal dan organism ini derasal dari agresi molekul-molekul yang ada.
B.     BIOLOGI DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Pada sekitar satu dasawarsa terakhir ini, gagasan-gagasan sosiobiologi , tanpa membuktikan nilai ilmiah yang hakiki, telah berhasil menambahkan kekhawatiran bahwa pengaruh biologi terhadap nilaimanusiawi telah mencapai proporsi yang membahayakan. Masa yang akan datang tk pelak lagi akan memperluas pengaruh-pengaruh biologis dalam permasalahan manusia. Sekalipun demikian bahaya yang sesungguhnya akan tiba adalah jika salah satu dari biologi mendorong pencarian karakter moral dan penelitian moral, tidak melalui medium biologis, melainkan dengan mengambil paradigma-paradigma naturalistic yang berakar dalam pandangan biologis.
Islam secara tegas menolak paradigm biologis sebagai raison d’entre bagi perilaku moral manusia.
C.    FISIKA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Konsep energy berkembang setelah diketahui bahwa materi dapat berubah menjadi energy dan sebaliknya. Konsep inilah yang membuahkan energy nuklir.
D.    FISIKA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Ada tiga bidang utama yang kita kenal sebagai ilmu fisika, yang sangat menarik perhatian kaum muslim dan melahirkan tujuan besar. Yang pertama adalah optic, kedua masalah gerak, ketiga masalah tentang berat ukuran.
E.     KIMIA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Ilmu kimia berkembang sebagai Ilmu pengetahuan setelah Antonie Lauzen Lavoisier memperkenalkan metode ilmiah. Yakni metode dengan pengematan, menghubungkan pengamatan dengan kenyataan, mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan.
F.     KIMIA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Tujuan pembangunan dalam era tinggal landas adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Dengan kata lain manusia Indonesia dibina dari manusia tradisional sehingga mampu menjadi manusia modern.














BAB IV
TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN ISLAM

A.       TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ILMU PENGETAHUAN ALAM BARAT
1.     Teori Lamark  (1744-1892)
Menurut Lamark evolusi terjadi karena adaptasi, sedangkan adaptasi timbul karena diinginkan.
2.      Teori Darwin (1809-1882)
Menurutnya, organism menjadi sesuai dengan lingkunganya dalam proses evolusi dan proses ini dikendalikan oleh seleksi alam.
3.      Teori Darwin – Wiesmann
Wiesmann melengkapi melengkapi teori Darwin dengan pernyataan sebagai berikut:
§  Evolusi merupakan masalah genetika yaitu menyangkut masalahbagaimanadiwariskan gen-gen melalui sel-sel kelamin.
§  Sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi, evolusi adalah gejala seleksi alam.
4.      Teori De Vries
Menurutnya, Evolusi disebabkan oleh adanya mutasi gen.
B.       TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ISLAM
Al-Qur’an menegaskan bahwa manusia bukanlah keturunan kera. Manusia pertama (Adam) diciptakan oleh Allah dari tanah. Manusia terdiri dari meteri dan roh, diciptakan dari tanah kemudian menjadi lumpur hitam yang diberi petunjuk menjadi tanah kering seperti tembikar dan disempurnakan bentuknya. Allah meniupkan roh (ciptaannya) maka terjadilah Adam. (Firman Allah SWT Qs.Al-hajr :28-29).


BAB V
TEKNOLOGI BARAT, MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN UPAYA MENGATASINYA

A.      TEKNOLOGI BARAT
1.         Tahap Diskriminatif dan Kualitatif
Dimulai dari observasi dan pencatatan gejala alam yang diamati kemudian timbul kebutuhan untuk menyerdehanakan dengan proses klasifikasi dan sistematisasi. Setelah pengetahuan terkumpul timbul kebutuhan untuk membandingkan konsep perbandingan ini merupakan konsep yang lebih tinggi dan lebih efektif. Maka akan timbul konsep klasifikasi dan koperatif (perbandingan) masih bersifat kualitatif.
2.         Tahap simulatif dan kuantitatif
Proses simulasi yaitu menirukan atau mengulangi peristiwa alam dengan jalan melakukan percobaan-percobaan. Metode kuantitatif berkembang sebagai akibat penggunaan matematika dalam ilmu pengetahuan alam.
3.         Ilmu pengetahuan alam bersifat dinamis
Dari teori yang telah ada dibuka kemungkinan untuk melakukan eksperimen yang baru. Kemudian dari data yang baru yang diperoleh mungkin masih mendukung teori yang lama, tetepi juga ada kemungkinan tidak lagi cocok sehingga perlu disusun teori yang baru.
B.       MASALAH LINGKUNGAN HIDUP
1.         Pencapaian kemakmuran dan perluasan kemudahan
a.         Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
1)           Perkembangan ilmu pengetahuan an teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan ilmu yang baru.
2)           Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.
b.        Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri. Yaitu :
1)      Masalah kesempatan kerja
2)      Masalah pertambahan angkatan kerja dalam bidang industry
3)      Masalah pengadaan dan permintaan bahan-bahan dasar
4)      Masalah pembiayaan, penentuan arah, dan pola pendidikan
5)      Masalahn yang berkaitan dengan kepincangan dan nilai perdagangan nasional.
2.         Dampak terhadap pendayagunaan sumber daya alam
a.       Dampak positif tentang keberhasilan manusia
1)      Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat menaikkan kuantitas suatu produksi seperti dibidang pertanian dan industry.
2)      Pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menaikkan kualitas / mutu produksi.
3)      Pengolahan sumber daya alam yang efektif yang efisien menambah ragam produksi.
b.      Dampak negative meningkatkan keborosan, menimbulkan penemaran, dan limbah.
3.         Dampak terhadap transportasi dan komunikasi
a.       Dampak positif dalam rangka keberhasilan manusia.
Setelah perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi.
b.      Dampak negative kebisingan, pencemaran, perubahan alam yang tak estetis.
1). Pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara
2). Adanya perubahan alam yang tidak estetis.
4.         Dampak terhadap peningkatan kesehatan
a.       Dampak positif alam upaya manusia menghindarkan penyakit menular.
1)         perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan  teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran.
2)         perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi meningkatkan teknologi obat-obatan.
3)         perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi memberantas penyakit menular.
b.      Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
Di Negara-negara berkembang, penyakit-penyakit menular masih merupakan musuh besarnamun,Negara-nagara maju justru dihantui oleh penyakit-penyakit yang sebenarnya berasal dari tubuh manusia sendiri akibat cara hidupnya yang kurang memperhatikan kesehatan diri, misalnya penyakit jantung, hipertensi, kanker, stress, dan AIDS.
5.         Dampak terhadap sumber daya manusia.
a.       Dampak positif
1). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, di mana sumber daya manusia dapat berperan.
2).perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menaikan kualitas sumber daya manusia.
b.  Dampak negative
1). Penemuan teknologi yang mengatur perilaku manusia menyebabkan kemampuan perilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi dalam susunan syaraf otak.
2). Pemahaman tingkah laku manusia demi tujuan ekonomis, untung lebih bayak, menyebabkan penggunaan media ( radio, televisi) untuk mengatur tingkah laku manusia.
3). Behavior control memunculkan masalah etis  bila tingkah laku seseorang di control oleh teknologi dan bukan oleh manusia itu sendiri
C.      UPAYA MANUSIA MENGATASI MASALAHNYA
1.         Usaha manusia untuk masa mendatang
Mencari sumber daya energy nonkonvensional
a.         Energy matahari
b.        Energy panas bumi
c.         Energy angin
d.        Energy pasang surut
e.         Energy biogas
f.         Energy biomassa
2.         Usaha manusia untuk pelestariannya
Empat masalah yang menonjol yang perlu ditanggulangi demi kelestarian hidup manusia dimasa mendatang adalah:
a.         Masalah energy pengganti minyak bumi
b.        Penggunaan teknologi yang tepat guna dengan mengurai dampak negatifnya
c.         Masalah laju perkembangan penduduk yang harus ditanggulangi, antara lain dengan KB
d.        Masalah kelestarian lingkungan hidup yang merupakan tanggung jawab dan disusahkan bersama.






BAB VI
RAHASIA KEMAJUAN BARAT DALAM BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI

A.      SAINS DAN TEKNOLOGI
1.         Ilmu
          Pengertian ilmu secara fenomenal dapat dipandang sebagai suatu produk, proses dan paradikma etika.
Sebagai produk ilmu adalah semua pengetahuan yang telah di ketahui, dan disepakati oleh sebagian besar masyarakat ilmiah. Sebagai proses, ilmu adalah kegiatan social untuk memahami alam dengan metode ilmiah. Adapun sebagai paradikma etika, ilmu menurut Marton, berpegang pada empat kaidah ilmiah, yaitu universalisme, komunalisme, disinteresdesnes, dan skeptisisme yang terarah.
2.         Teknologi
Teknologi berasal dari kata Yunani techno yang artinya keterampilan atau seni. Dan kata inilah diturunkan kata teknik dan teknologi.

B.       HUBUNGAN TIMBAL BAIK ANTARA SAINS DAN TEKNOLOGI

Tahapan
Bidang Teknologi
Penunjang/konsep-konsep yang bersangkutan
I.
Sampai Revolusi industri
Pertanian
Permesinan
Kedokteran
Keterampilan mekanik dan pembayaran peralatan dan kaidah empiris
II.
Sesudah Revolusi industry sampai permulaan abad 20
Permesinan
Konstruksi
Teknik istrik
Mekanika termodinamika listrik maknit dan sebagainya
III.
Abad 20
Teknologi
Struktur atom dan molekul pengetahuan material
Ikatan kimia dan sebagainya

C.      BEBERAPA KONSEP TEKNOLOGI
Beberapa konsep teknologi yang penting adalah:
1.      Pengambilan keputusan
2.      Sistem, adalah suatu objek atau peristiwa yang terdiri atas rangkaian bagian yang merupakan suatu kesatuan dan saling berinteraksi secara fungsional, dan memproses suatu masukan menjadi keluaran.
3.      Umpan balik, adalah diperlukan terlaksananya control yang mencangkup monitoring dan koreksi.
D.      KEMAJUAN TEKNOLOGI
Beberapa contoh percepatan kemajuan teknologi:
1.      Percepatan dari kecepatan manusia
Kecepatan perkembangan mobil dan pesawat terbang dalam 50 tahun, 9 kali lebih maju dibandingkan dengan yang terjadi pada kereta api selama 80 tahun.
2.      Penemuan yang semakin efisien dengan mencari prinsip-prinsip dasar (tidak menggunakan semua kombinasi yang ada).
3.      Eleman yang dikombinasikan semakin bertambah









BAB VII
PERANAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

A.       DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA
1.    Pangan (makanan)
Dampak positif antara lain:
a.       Ditemukanya bibit unggul
b.      Digunakanya mekanisme pertanian
c.       Diterapkanya cara pemupukan yang tepat serta digunakanya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman
d.      Digunakanya bioteknologi
Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen dan bahkan meracuni manusia sendiri.
2.      Sandang (Pakaian)
Dampak positif antara lain:
a.       Adanya mesin tekstil sehingga memorcepat proses pembuatan pakaian
b.      Telah ditemukanya serat sintesis
c.       Pembuatan tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
Dampak negatif antara lain:
a.         Bahan-bahan yangberupa polimer sintesis yang dalam bahasa sehari-hari dinamakan plastik, kalau menjadi sampah tidak dapat di hancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk.
b.         Sampah plastik kalau dibakar dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon.
3.      Papan (tempat tinggal)
Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit.
Dampak negatifnya antara lain:
a.       Orang akan sangat mudah membabat hutan sehingga hutan menjadi gundul akibatnya terjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilangnya kesuburan tanah yang pada akhirnya menyengsarakan manusia.
b.      Tenaga manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak terjadi pengangguran.
B.       DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Dampak positif yang berupa keberhasilan manusia
Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dan dimanfaatkan untuk menaikan kuantitas suatu produk dalam bidang pertanian dan industri.
C.       DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
1.         Minyak Bumi
Hasil pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida dan karbomonoksida. Karbondioksida berguna untuk fotosintesis, sedangkan gas monoksida sangat beracun.
2.         Batu Bara
Pengangkutan batu bara mengganggu lingkungan akibat adanya tumpahan batu bara yang dapat mencemari lingkungan.
D.       DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA
1.      Dampak positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efisien.
b.      Dapat menaikan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia).
2.      Dampak negative
a.       Semakin meningkatnya pengangguran.
b.      Timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radioaktif yang sangat beracun.
c.       Mematikan imajinasi dan perasaan serta kejiwaan manusia.
E.       DAMPAK TERHADAP K0OMUNIKASI DAN TRANSORTASI
1.      Komunikasi
Dampak positifnya adalah:
a.       Manusia dapat menciptakan telegram
b.      Manusia dapat menciptakan telepon
c.       Ditemukanya pesawat radio
d.      Ditemukanya telefisi
e.       Ditemukanya satelit
Dampak negatifnya adalah:
Jika ilmu pengetahuan alam danteknologi dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, timbul kehancuran di muka bumi.
2.      Transportasi
Dampak positifnya adalah: dapat membuat sarana transportasi
Dampak negatifnya adalah:
a.       Timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara.
b.      Sarana transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi, jika terjadi pembakaran yang tidak sempurna, dapat mengeluarkan gas CO (monoksida) dan dan SO2 (Sulfurdioksida) yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, saluran pernafasan serta paru-paru.

F.        DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
1.      Dampak positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas bidang kedokteran.
b.      Dapat meningkatkan teknologi obat-obatan.
c.       Dapat memberantas panyakit menular
2.      Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
G.      DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN
1.      Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
a.       Mendatangkan kemakmuran materi.
b.      Mendatangkan kemudahan hidup.
2.      Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri.













BAB VIII
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

A.         LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR
Latar belakang ilmu budaya dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendikiawan mengenai system pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan system pendidikan belanda pada masa penjajahan.
B.          TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berpikirnya.
C.         RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
1.         Berbagai aspek kehidupan yang emngungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
2.         Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudanya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat.










BAB IX
KONSEPSI IBD DALAM KESUSTRAAN, SENI RUPA, DAN SENI MUSIK

A.      PENGERTIAN KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas mengandung ide kebaikan. Pengertian keindahan dalam arti estetik murni adalah pengalaman estetik seseorang dalam hubunganya dengan sesuatu yang diserapnya. Adapun pengertian keindahan dalam arti terbatas, hanya benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yaitu berupa keindahan bentuk dan warna.
Para flosof mendefinisikan keindahan sebagai suatu kesatuan hubungan yang formal pengamatan yang dapat menimbulkan rasa senang.
B.       CONTOH KARYA SENI KEINDAHAN
Puisi-puisi ciptaan Lord Byro (1788-1824) di Inggris, dan music-musik susunan Wagner dan lukisan Monalisa merupakan contoh karya seni yang indah.











BAB X
KONSEPSI IBD DALAM AGAMA FILSAFAT DAN KEINDAHAN

A.      KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas The Liang Gie menjelaskan bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Plato menyebutnya sebagai watak yang hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Platonius menyebutkan ilmu ynag indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Jadi, pengertian seluas-luasnya meliputi:
a.    Keindahan seni
b.    Keindahan alam
c.    Keindahan moral
d.   Keindahan imtelektual
B.     RENUNGAN
Renungan berasal dari kata renung, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.
Setiap kegiatan merenung atau mengevaluasi segenap pengetahuan yang telah dimiliki disebut berfilsafat.
C.    KESERASIAN
Keserasian berasal dari kata serasi; dengan kata dasarnya adalah rasi yang cocok, sesuai, atau kena benar. Kata cocok, mengandung pengertian perpaduan, ukuran, dan seimbang. Perpaduan misalnya, orang yang berpakaian serasi antara kulit dan warna pakaianya.
D.    KEHALUSAN
Kehalusan berasal dari kata halus, artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, dan beradap. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus, sopan, dan beradap.
BAB XI
MANUSIA DAN CINTA KASIH, PENDERITAAN DAN KEADILAN

A.      MANUSIA DAN CINTA KASIH
Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihah dan pengabdian yang diunkaokan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab.
Macam-macam cinta kasih , yaitu sebagai berikut:
1.    Cinta kasih antar orang tua dan anak
2.    Cinta kasih antar pria dan wanita
3.    Cinta kasih antar sesama manusia
4.    Cinta kasih antar manusia dan Tuhan
5.    Cinta kasih manusia terhadap lingkunganya.
B.       MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita, kata derita berasal dari bahasa sangsekerta dhara, artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berbentuk lahir atau batin, Keduanya. Termasuk penderitaan adalah keluh kesah, lesengsaraan, kelaparan, kekenyangan,kepanasan dan lain-lain.
C.      MANUSIA DAN KEADILAN
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keseimbangan antara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajiban.





BAB XII
PANDANGAN HIDUP, TANGGUNG JAWAB DAN HARAPAN MANUSIA

A.      PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk mambimbing kehidupan jasmani dan rohani.
B.       TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatanya.
C.      HARAPAN MANUSIA
Harapan berasal dari kata harap, artinya keinginan terjadinya sesuatu.
Harapan artinya keinginan yang belum terwujud.
















BAB XIII
BUDAYA YANG MENDORONG KEMAJUAN DAN MENYEBABKAN KEMISKINAN

A.      BUDAYA SEBAGAI SARANA KEMAJUAN DAN SEBAGAI ANCAMAN BAGI MANUSIA
Pada abad ke-19 Filfus Hegel membahas budaya sebagai keterasingan manusia dengan dirinya. Dalam berbudaya manusia tidak menerima begitu saja apa yang disediakan oleh alam, tetapi ia harus mengubahnya dan mengembangkanya lebih lanjut. Dengan berbuat demikian, Akan terjadi jurang antara manusia dan dirinya. Itulah yang dimaksud dengan keterlepasan atau keterasingan yang menyebabkan terjadinya ketegangan yang terus-menerus.
B.       PRODUKTIFITAS
Kemajuan teknologi merupakan salah satu sisi meningkatkan produktivitas, sisi yang lain adalah penambahan modal dan tenaga kerja.
C.      KEMISKINAN
Kemiskinan merupakan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pokok, sehingga ia mengalami keresahan, kesengsaraan atau kemelaratan dalam setiap langkah hidupnya (Siswanto, 1988)
Factor-faktor yang menyebabkan:
1.      Terbatasnya sumber daya alam
2.      Terbatasnya sumberdaya manusia
3.      Terbatasnya barang modal
4.      Rendahnya produktifitas
5.      Rendahnya pendidikan


BAB XIV
KEBUDAYAAN PRIMITIF, AGRARIS DAN INDUSTRIAL

A.      KEBUDAYAAN PRIMITIF AGRARIS
Ditinjau dari segi geogarfis, desa adalah suatu hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dan lingkunganya.
Ciri-ciri masyarakat pedesaaan:
1.         Setiap warganya mempunyai hubungan yang mendalam dan erat
2.         System kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
3.         Sebagian besar hidup dari hasil pertanian
4.         Masyarakatnya homogeny
B.       MASYARAKAT PERKOTAAN
Beberapa ahli mengartikan kota sebagai suatu himpunan penduduk yang bertemat tinggal di dalam pusat kegiatan ekonomi, pemerintahan, kesenian, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Adapun ciri-cirinya:
1.    Jumlah penduduknya besar dan padat
2.    Mempunyai penduduk yang beraneka ragam
3.    Penduduknya lebih dinamis
4.    Lebih cepat, lebih bebas, dan mudah bergerak







BAB XV
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGJUP PAMBAHASAN ILMU SOSIAL DASAR

A.      LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
Telah kita ketahui bahwa sumber semua Ilmu pengetahuan adalah filsafat. Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social, bila ditilik dari perkembanganya, bermula dari ilmu filsafat. Dari filsafat itu kemudian lahirlah tiga cabang ilmu pengetahuan, yaitu:
1.      Ilmu- ilmu alamiah
2.      Ilmu-ilmu social
3.      Ilmu-ilmu budaya
B.       RUANG LINGKUP PEMBAHASAN
Ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu social dasar, yaitu:
1.      Berbagai aspek pada kenyataan yang merupakan masalah social
2.      Berbagai golongan dan kesatuan social dalam masyarakat.








BAB XVI
INDIVIDU, KELUARGA, MASYARAKAT DAN INTERKSI SOSIAL

A.      INDIVIDU
Individu terdiri atas dua dimensi, yaitu fisik dan psikis.
1.      Kehadiran seseorang atau individu dalam kelompok keluarga maupun kelompok masyarakat ditandai dengan wujud fisiknya.
2.      Wujud individu tidak pernah lepas dari wujud psikisnya.
B.       KELUARGA
Keluarga dapat dibentuk melalui persekutuan-persekutuan individu karena adanya hubungan darah perkawinan ataupun adopsi.
C.      MASYARAKAT
Menurutnya kodratnya, manusia adalah mahluk masyarakat. Manusia selalu hidup bersama dan berada di antara manusia lainya.










BAB XVII
REMAJA DAN PEMUDA DALAM PERMASALAHAN GENERASI SOSIAL

A.      PEMUDA DAN IDENTITAS
Dipundak pemuda terdapat bermacam-macan harapan, terutama dari generasi lainya. Hal ini karena mereka di harapkan dapat menjadi generasi penerus, yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebalumnya, dan generasi yang harus mengisi dan melangsngkan estafet pembangunan secara terus menerus.
B.       PERANAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT
1.    Pemuda dan perkembangan pendidikan
Pertrambahan pendududk yang sangat pesat akan membuat pincang dan lumpuh situasi kependudukan dan perekonomian. Oleh karena itu, pelayanan kepada generasi muda di bidang pendidikan, pengaderan, dan lapangan kerja harus di sesuaikan dengan situasi tersebut.
2.    Pengalaman pribadi membentuk mental
Sepaeti kita ketahui,mulai dari anak-anak sampai menjadi orag tua, dan mulai dari dididik sampai pendidik, yang berjalan secara wajar, dan ini tidak dapat dihindari di dalam masyarakat, uur merupakan dasar untuk menentukan corak social- budaya, artinya hubungan antar generasi, kegiatan social, dan sebagainya.
3.    Pengaruh perubahan social ekonomi
Perubahan social akan dialami setiap masyarakat dimana saja. Khusus yang menyangkut pemuda, perubahan yang mencolok dalam susunan umur. Yang akan mempengaruhi sifat dan sikapnya.
4.    Penyesuaian diri dengan lingkungan


BAB XVII
PEMERINTAH, NEGARA, DAN WARGA NEGARA PERMASALAHAN DEMOKRASI

A.      PEMERINTAH
Negara memiliki kekuasaan dengan dasar dan tujuan tertentu. Bagaimana melaksanakan, oleh siapa,untuk siapa kekuasaan itu, dan di batasi oleh norma apa,semua itu termasuk bidang teori Negara.
B.       NEGARA DAN WARGA NEGARA
Rakyat yang menetap di suatu wilayah tertentu dalam suatu negara di sebut warga negar Ia mempunyai kewajiban terhadap Negara dan sekaligus mempunyai hak-hak yang wajin diberikan dan dilindungi oleh Negara.
Ada dua asas dalam menentukan warga Negara
1.        Asas Ius Soli (asas kelahiran)
2.        Asas Ius Sanguinis (asas keturunan)










BAB XIX
PELAPISAN SOSIAL, PERSAMAAN DERAJAT, DISKRIMINASI

A.    PELAPISAN SOSIAL
Masyarakat terbentuk dari individu-individu yang memiliki berbagai latar belakang sehingga membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri atas kelompok-keompok social. Dengan terjadinya kelompok social ini, terbentuklah pelapisan mesyarakat. Pelapisan social terjadi dengan sendirinya dan terjadi dengan disengaja.

B.     KESAMAAN DERAJAT
Hubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah secara timbale balik. Artinya setiap orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun pemerintah dan Negara. Beberapa hak dan kewajiban ditetapkan dalam undang-undang (konstitusi) sebagai hak dan kewajiban asasi.

C.    DISKRIMINASI DAN PEMERATAAN
Dalam kehidupan masyarakat, ada sesuatu yang dihargai, ayitu kekayaan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Hal itu merupakan awal terbentuknya pelapisan social. Mereka yang banyak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang yang menduduki lapisan atas. Sebaliknya, mereka yang hanya sedikit memiliki atau bahkan sama sekali tidak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang-orang yang menempati lapisan bawah dan berkedudukan rendah.
Kriteria yang dipergunakan untuk menggolongkan anggota masyarakat dalam lapisan masyarakat, antara lain ukuran kekuasaan, ukuran kekayaan, ukuran kehormatan, ukuran ilmu pengetahuan atau pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA

Mawardi Drs., Imu Alamiah Dasar, Ilmu Social Dasar, Ilmu Budaya Dasar, Pustaka Setia, Bandung, 2007

















 vBAB I
PROSES PERKEMBANGAN POLA PIKIR MANUSIA

A.      RASA INGIN TAHU
Ilmu pengetahuan alam bermula dari rasa ingin tahu,yang merupakan suatu ciri khas manusia. Manusia mempunyai rasa ingin tahu tentang benda-benda di alam sekitarnya, bulan, bintang, dan matahari, bahkan ingin tahu tentang dirinya sendiri (antroposentris).
B.       MITOS
Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan maupun pengalamanya. Untuk itulah, manusia mereka-reka sendiri jawaban atas keingintahuanyaitu. Sebagai contoh: “Apakah pelangi itu?”, karena tak dapat dijawab, manusia mereka-reka jawaban bahwa pelangi adalah selendang “bidadari”. Jadi, muncul pengetahuan baru yaitu “ bidadari”.
Pengetahuan baru yang bermunculan dan dan kepercayaan itulah yang kita sebut dengan mitos.
C.      MITOS ANTARA PRO DAN KONTRA
Karena kemampuan berpikir manusia semakin maju dan di sertai pula oleh perlengkapan pengamatan, misalnya teropong bintang, mitos dengan berbagai legendanya makin di tinggalkan, dan mereka cenderung menggunakan akal sehat atau rasionya.
D.      TERBENTUKNYA GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi
Hipotesis Fowler (1957):
Menurut fowler, dua belas ribu juta tahun yang lalu galaksi kita tidaklah seperti sekarang ini. Bentuknya berupa kabut gas hydrogen yang sangat besar yang berada di ruang angkasa. Ia bergerak perlahan mengadakan rotasi sehingga keseluruhan berbentuk bulat. Karena gaya beratnya, ia mengadakan kontraksi. Masa bagian luar banyak yang tertinggal. Pada bagian yang berkisar lambat dan mempunyai berat jenis yang besar terbentuklah bintang-bintang. Gumpalan kabut yang telah menjadi bintang itupun secara perlahan mengadakan kontraksi. Energi potensialnya mereka keluarkan dalam bentuk sinar dan panas radiasi dan bintang-bintang itu pun semakin turun temperaturnya setelah berpuluh-puluh ribu tahun, iamempunyai bentuk yang boleh dikatakan tetapseperti halnya matahari hipotesis itu diyakinkan oleh suatu observasi yang di tujukan pada pusat galaksi, tempat dilahirkanya bintang baru, baik secara perlahan-lahan maupun secara eksplosif.
Galaksi dibedakan menjadi tiga macam:
1.Galaksi berbentuk spiral
2. Galaksi berbentuk elips
3. Galaksi berbentuk tak beraturan















BAB II
PROSES TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA DAN PENGHUNINYA
A.      ALAM SEMESTA
Alam semesta atau jagat raya adalah suatu ruangan yang maha besar yang di dalamnya terdapat kehidupan biotik dan abiotik, serta didalamnya terjadi segala peristiwa alam baik yang dapat diungkapkan manusia maupun yang tidak.
B.       TERJADINYA GALAKSI
Teori terbentuknya galaksi disampaikan oleh Fowler (1957).
C.      TERJADINYA BUMI DAN SISTEM TATA SURYA
Pendapat tentang terjadinya tata surya yang paling mutakhir lebih kurang sebagai berikut:
1.         Tata surya terbentuk dari awan gas hidrogen dan debu yang berputar lalu memadat dan menjadi bola dengan suhu yang panas da bersinar lebih kurang 5 milyar tahun yang lalu. Dan juga karena gravitasi (gaya berat) awan tersebut menyusut. Akibatnya, tekanan dan suhunya bertambah tinggi.
2.         Batuan yang tertua di bumi kira-kira berumur 3,8 milyar tahun, tetapi meteorit dan batuan dari bulan ada yang berumur sampai 4,6 milyar tahun. Dalam hal ini para geologiwan berpendapat bahwa sesungguhnya bumi juga setu itu pula, mungkin karena hancur akibat  proses geologis.
3.         Para astronom berpendapat bahwa planet-planet terbentuk dalam awan yang ringan (gas ringan) dan sedikit gas berat yang menjadi inti planet tersebut.
D.      MATAHARI
Matahari bukanlah benda padat, tetapi merupakan lapisan dari beberapa macam gas dengan tekanan dan temperature yang sangat tinggi. Matahari dengan bahan bakar hidrogen akan mengalami masa kehabisan bahan bakar. Akibatnya, intinya akan menyusut dan menghasilkan lebih banyak energi (bukan cahaya). Energi tersebut membuat matahari membesar (disebut bintang raksasa merah) yang pada akhirnya akan menelan bumi. Matahari melepaskan lapisan luar, menghasilkan awan besar ( nebula planet), dan sisanya mendingin, menyusut dan menjadi black hole. Bila bahan bakar habis terkuras matahari menjadi labil, meledak dan menjadi supernova.
E.       BUMI
Dibanding planet yang lain, bumi merupakan planet yang istimewa. Kaistimewaan tersebut adalah:
1.      Jaraknya dengan matahari tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh sehingga udara bumi tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.
2.      Terdapat cairan air di bumi (samudera dan lautan)
3.      Bumi mempunyai atmosfir sehingga terdapat awan dan hujan.
4.      Atmosfir bumi membuat perbedaan suhu antara siang dan malam (seperti bulan) tidak terlalu ekstrim.
5.      Atmosfir bumi mengandung oksigen sehingga terdapat kehidupan seperti yang kita kenal sekarang.
6.      Atmosfir bumi melindungi kehidupan dari kerusakan akibat sinar dzarah dari matahari yang dapat merusak bumi.
F.       BULAN
Bulan beredar mengelilingi bumi sekali dn juga berotasi sekali. Akibatnya, muka dan punggung bulan yang mengjhadap (dan membelakangi bumi) selalu tetap.
Bulan tidak mepunyai atmosfir dan juga air sehingga merupakan daerah yang kering dan mati. Adapun yang berpendapat bahwa bulan terjadi akibat pemisahanya dengan bumi ketika bumi dalam stadia bintang.Jadi, belum mempunyai kerak yang padat. Ini berarti bulan merupakan saudara bumi. Dengan kata lain selena adalah saudara gea.
BAB III
PERKEMBANGAN ILMU BIOLOGI, FISIKA, DAN KIMIA MENURUT ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN AL-QURAN
A.    BIOLOGI DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Menurut suatu teori, organisme sekarang yang beraneka ragam merupakan hasil dari proses evolusi kehidupan.yaitu suatu perubahan kehidupan menjadi bentuk kehidupan lain melalui suatu proses yang perlahan-lahan dan memakan waktu ratusan sampai jutaan tahun. Teori tersebut menyebutkan bahwa organisme yang mula-mula ada di dunia berupa organisme bersel tunggal dan organism ini derasal dari agresi molekul-molekul yang ada.
B.     BIOLOGI DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Pada sekitar satu dasawarsa terakhir ini, gagasan-gagasan sosiobiologi , tanpa membuktikan nilai ilmiah yang hakiki, telah berhasil menambahkan kekhawatiran bahwa pengaruh biologi terhadap nilaimanusiawi telah mencapai proporsi yang membahayakan. Masa yang akan datang tk pelak lagi akan memperluas pengaruh-pengaruh biologis dalam permasalahan manusia. Sekalipun demikian bahaya yang sesungguhnya akan tiba adalah jika salah satu dari biologi mendorong pencarian karakter moral dan penelitian moral, tidak melalui medium biologis, melainkan dengan mengambil paradigma-paradigma naturalistic yang berakar dalam pandangan biologis.
Islam secara tegas menolak paradigm biologis sebagai raison d’entre bagi perilaku moral manusia.
C.    FISIKA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Konsep energy berkembang setelah diketahui bahwa materi dapat berubah menjadi energy dan sebaliknya. Konsep inilah yang membuahkan energy nuklir.
D.    FISIKA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Ada tiga bidang utama yang kita kenal sebagai ilmu fisika, yang sangat menarik perhatian kaum muslim dan melahirkan tujuan besar. Yang pertama adalah optic, kedua masalah gerak, ketiga masalah tentang berat ukuran.
E.     KIMIA DITINJAU DARI ILMU PENGETAHUAN BARAT
Ilmu kimia berkembang sebagai Ilmu pengetahuan setelah Antonie Lauzen Lavoisier memperkenalkan metode ilmiah. Yakni metode dengan pengematan, menghubungkan pengamatan dengan kenyataan, mengemukakan perkiraan, menguji perkiraan dengan percobaan selanjutnya, dan akhirnya menarik kesimpulan.
F.     KIMIA DITINJAU DARI SEGI AGAMA ISLAM
Tujuan pembangunan dalam era tinggal landas adalah meningkatkan kualitas manusia Indonesia. Dengan kata lain manusia Indonesia dibina dari manusia tradisional sehingga mampu menjadi manusia modern.














BAB IV
TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI ILMU PENGETAHUAN BARAT DAN ISLAM

A.       TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ILMU PENGETAHUAN ALAM BARAT
1.     Teori Lamark  (1744-1892)
Menurut Lamark evolusi terjadi karena adaptasi, sedangkan adaptasi timbul karena diinginkan.
2.      Teori Darwin (1809-1882)
Menurutnya, organism menjadi sesuai dengan lingkunganya dalam proses evolusi dan proses ini dikendalikan oleh seleksi alam.
3.      Teori Darwin – Wiesmann
Wiesmann melengkapi melengkapi teori Darwin dengan pernyataan sebagai berikut:
§  Evolusi merupakan masalah genetika yaitu menyangkut masalahbagaimanadiwariskan gen-gen melalui sel-sel kelamin.
§  Sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi, evolusi adalah gejala seleksi alam.
4.      Teori De Vries
Menurutnya, Evolusi disebabkan oleh adanya mutasi gen.
B.       TEORI EVOLUSI DAN REKAYASA REPRODUKSI MENURUT ISLAM
Al-Qur’an menegaskan bahwa manusia bukanlah keturunan kera. Manusia pertama (Adam) diciptakan oleh Allah dari tanah. Manusia terdiri dari meteri dan roh, diciptakan dari tanah kemudian menjadi lumpur hitam yang diberi petunjuk menjadi tanah kering seperti tembikar dan disempurnakan bentuknya. Allah meniupkan roh (ciptaannya) maka terjadilah Adam. (Firman Allah SWT Qs.Al-hajr :28-29).


BAB V
TEKNOLOGI BARAT, MASALAH LINGKUNGAN HIDUP DAN UPAYA MENGATASINYA

A.      TEKNOLOGI BARAT
1.         Tahap Diskriminatif dan Kualitatif
Dimulai dari observasi dan pencatatan gejala alam yang diamati kemudian timbul kebutuhan untuk menyerdehanakan dengan proses klasifikasi dan sistematisasi. Setelah pengetahuan terkumpul timbul kebutuhan untuk membandingkan konsep perbandingan ini merupakan konsep yang lebih tinggi dan lebih efektif. Maka akan timbul konsep klasifikasi dan koperatif (perbandingan) masih bersifat kualitatif.
2.         Tahap simulatif dan kuantitatif
Proses simulasi yaitu menirukan atau mengulangi peristiwa alam dengan jalan melakukan percobaan-percobaan. Metode kuantitatif berkembang sebagai akibat penggunaan matematika dalam ilmu pengetahuan alam.
3.         Ilmu pengetahuan alam bersifat dinamis
Dari teori yang telah ada dibuka kemungkinan untuk melakukan eksperimen yang baru. Kemudian dari data yang baru yang diperoleh mungkin masih mendukung teori yang lama, tetepi juga ada kemungkinan tidak lagi cocok sehingga perlu disusun teori yang baru.
B.       MASALAH LINGKUNGAN HIDUP
1.         Pencapaian kemakmuran dan perluasan kemudahan
a.         Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
1)           Perkembangan ilmu pengetahuan an teknologi dapat mendatangkan kemakmuran materi. Adanya perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menimbulkan cabang ilmu pengetahuan ilmu yang baru.
2)           Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat mendatangkan kemudahan hidup.
b.        Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri. Yaitu :
1)      Masalah kesempatan kerja
2)      Masalah pertambahan angkatan kerja dalam bidang industry
3)      Masalah pengadaan dan permintaan bahan-bahan dasar
4)      Masalah pembiayaan, penentuan arah, dan pola pendidikan
5)      Masalahn yang berkaitan dengan kepincangan dan nilai perdagangan nasional.
2.         Dampak terhadap pendayagunaan sumber daya alam
a.       Dampak positif tentang keberhasilan manusia
1)      Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat menaikkan kuantitas suatu produksi seperti dibidang pertanian dan industry.
2)      Pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi menaikkan kualitas / mutu produksi.
3)      Pengolahan sumber daya alam yang efektif yang efisien menambah ragam produksi.
b.      Dampak negative meningkatkan keborosan, menimbulkan penemaran, dan limbah.
3.         Dampak terhadap transportasi dan komunikasi
a.       Dampak positif dalam rangka keberhasilan manusia.
Setelah perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi, orang dapat membuat sarana dan prasarana transportasi dan komunikasi.
b.      Dampak negative kebisingan, pencemaran, perubahan alam yang tak estetis.
1). Pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara
2). Adanya perubahan alam yang tidak estetis.
4.         Dampak terhadap peningkatan kesehatan
a.       Dampak positif alam upaya manusia menghindarkan penyakit menular.
1)         perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan  teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas dibidang kedokteran.
2)         perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi meningkatkan teknologi obat-obatan.
3)         perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi memberantas penyakit menular.
b.      Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
Di Negara-negara berkembang, penyakit-penyakit menular masih merupakan musuh besarnamun,Negara-nagara maju justru dihantui oleh penyakit-penyakit yang sebenarnya berasal dari tubuh manusia sendiri akibat cara hidupnya yang kurang memperhatikan kesehatan diri, misalnya penyakit jantung, hipertensi, kanker, stress, dan AIDS.
5.         Dampak terhadap sumber daya manusia.
a.       Dampak positif
1). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat membuka banyak lapangan pekerjaan baru, di mana sumber daya manusia dapat berperan.
2).perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menaikan kualitas sumber daya manusia.
b.  Dampak negative
1). Penemuan teknologi yang mengatur perilaku manusia menyebabkan kemampuan perilaku seseorang berubah dengan operasi dan manipulasi dalam susunan syaraf otak.
2). Pemahaman tingkah laku manusia demi tujuan ekonomis, untung lebih bayak, menyebabkan penggunaan media ( radio, televisi) untuk mengatur tingkah laku manusia.
3). Behavior control memunculkan masalah etis  bila tingkah laku seseorang di control oleh teknologi dan bukan oleh manusia itu sendiri
C.      UPAYA MANUSIA MENGATASI MASALAHNYA
1.         Usaha manusia untuk masa mendatang
Mencari sumber daya energy nonkonvensional
a.         Energy matahari
b.        Energy panas bumi
c.         Energy angin
d.        Energy pasang surut
e.         Energy biogas
f.         Energy biomassa
2.         Usaha manusia untuk pelestariannya
Empat masalah yang menonjol yang perlu ditanggulangi demi kelestarian hidup manusia dimasa mendatang adalah:
a.         Masalah energy pengganti minyak bumi
b.        Penggunaan teknologi yang tepat guna dengan mengurai dampak negatifnya
c.         Masalah laju perkembangan penduduk yang harus ditanggulangi, antara lain dengan KB
d.        Masalah kelestarian lingkungan hidup yang merupakan tanggung jawab dan disusahkan bersama.






BAB VI
RAHASIA KEMAJUAN BARAT DALAM BIDANG SAINS DAN TEKNOLOGI

A.      SAINS DAN TEKNOLOGI
1.         Ilmu
          Pengertian ilmu secara fenomenal dapat dipandang sebagai suatu produk, proses dan paradikma etika.
Sebagai produk ilmu adalah semua pengetahuan yang telah di ketahui, dan disepakati oleh sebagian besar masyarakat ilmiah. Sebagai proses, ilmu adalah kegiatan social untuk memahami alam dengan metode ilmiah. Adapun sebagai paradikma etika, ilmu menurut Marton, berpegang pada empat kaidah ilmiah, yaitu universalisme, komunalisme, disinteresdesnes, dan skeptisisme yang terarah.
2.         Teknologi
Teknologi berasal dari kata Yunani techno yang artinya keterampilan atau seni. Dan kata inilah diturunkan kata teknik dan teknologi.

B.       HUBUNGAN TIMBAL BAIK ANTARA SAINS DAN TEKNOLOGI

Tahapan
Bidang Teknologi
Penunjang/konsep-konsep yang bersangkutan
I.
Sampai Revolusi industri
Pertanian
Permesinan
Kedokteran
Keterampilan mekanik dan pembayaran peralatan dan kaidah empiris
II.
Sesudah Revolusi industry sampai permulaan abad 20
Permesinan
Konstruksi
Teknik istrik
Mekanika termodinamika listrik maknit dan sebagainya
III.
Abad 20
Teknologi
Struktur atom dan molekul pengetahuan material
Ikatan kimia dan sebagainya

C.      BEBERAPA KONSEP TEKNOLOGI
Beberapa konsep teknologi yang penting adalah:
1.      Pengambilan keputusan
2.      Sistem, adalah suatu objek atau peristiwa yang terdiri atas rangkaian bagian yang merupakan suatu kesatuan dan saling berinteraksi secara fungsional, dan memproses suatu masukan menjadi keluaran.
3.      Umpan balik, adalah diperlukan terlaksananya control yang mencangkup monitoring dan koreksi.
D.      KEMAJUAN TEKNOLOGI
Beberapa contoh percepatan kemajuan teknologi:
1.      Percepatan dari kecepatan manusia
Kecepatan perkembangan mobil dan pesawat terbang dalam 50 tahun, 9 kali lebih maju dibandingkan dengan yang terjadi pada kereta api selama 80 tahun.
2.      Penemuan yang semakin efisien dengan mencari prinsip-prinsip dasar (tidak menggunakan semua kombinasi yang ada).
3.      Eleman yang dikombinasikan semakin bertambah









BAB VII
PERANAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI (IPTEK) DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

A.       DAMPAK TERHADAP KEBUTUHAN POKOK MANUSIA
1.    Pangan (makanan)
Dampak positif antara lain:
a.       Ditemukanya bibit unggul
b.      Digunakanya mekanisme pertanian
c.       Diterapkanya cara pemupukan yang tepat serta digunakanya bakteri yang sanggup memperkuat akar tanaman
d.      Digunakanya bioteknologi
Dampak negatifnya, antara lain: pemakaian pestisida, ternyata tidak saja dapat memberantas hama tanaman tetapi juga dapat membunuh hewan ternak, dapat meracuni hasil panen dan bahkan meracuni manusia sendiri.
2.      Sandang (Pakaian)
Dampak positif antara lain:
a.       Adanya mesin tekstil sehingga memorcepat proses pembuatan pakaian
b.      Telah ditemukanya serat sintesis
c.       Pembuatan tekstil dapat dilakukan secara besar-besaran dalam waktu yang singkat.
Dampak negatif antara lain:
a.         Bahan-bahan yangberupa polimer sintesis yang dalam bahasa sehari-hari dinamakan plastik, kalau menjadi sampah tidak dapat di hancurkan oleh bakteri-bakteri pembusuk.
b.         Sampah plastik kalau dibakar dapat menyebabkan menipisnya lapisan ozon.
3.      Papan (tempat tinggal)
Dampak positifnya, antara lain:
Dengan menerapkan teknologi maju, manusia mampu membangun rumah dan gedung-gedung pencakar langit.
Dampak negatifnya antara lain:
a.       Orang akan sangat mudah membabat hutan sehingga hutan menjadi gundul akibatnya terjadi banjir, erosi, pendangkalan sungai, kematian sumber air, hilangnya kesuburan tanah yang pada akhirnya menyengsarakan manusia.
b.      Tenaga manusia banyak yang tidak terpakai sehingga banyak terjadi pengangguran.
B.       DAMPAK TERHADAP PENDAYAGUNAAN SUMBER DAYA ALAM
Dampak positif yang berupa keberhasilan manusia
Pemanfaatan pengembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dan dimanfaatkan untuk menaikan kuantitas suatu produk dalam bidang pertanian dan industri.
C.       DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA ALAM
1.         Minyak Bumi
Hasil pembakaran minyak bumi berupa gas-gas oksida, antara lain karbondioksida dan karbomonoksida. Karbondioksida berguna untuk fotosintesis, sedangkan gas monoksida sangat beracun.
2.         Batu Bara
Pengangkutan batu bara mengganggu lingkungan akibat adanya tumpahan batu bara yang dapat mencemari lingkungan.
D.       DAMPAK TERHADAP SUMBER DAYA MANUSIA
1.      Dampak positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat mendorong manusia untuk mendayagunakan sumber daya alam secara lebih efektif dan efisien.
b.      Dapat menaikan kualitas sumber daya manusia (keterampilan dan kecerdasan manusia).
2.      Dampak negative
a.       Semakin meningkatnya pengangguran.
b.      Timbulnya pencemaran yang disebabkan zat-zat radioaktif yang sangat beracun.
c.       Mematikan imajinasi dan perasaan serta kejiwaan manusia.
E.       DAMPAK TERHADAP K0OMUNIKASI DAN TRANSORTASI
1.      Komunikasi
Dampak positifnya adalah:
a.       Manusia dapat menciptakan telegram
b.      Manusia dapat menciptakan telepon
c.       Ditemukanya pesawat radio
d.      Ditemukanya telefisi
e.       Ditemukanya satelit
Dampak negatifnya adalah:
Jika ilmu pengetahuan alam danteknologi dikendalikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, timbul kehancuran di muka bumi.
2.      Transportasi
Dampak positifnya adalah: dapat membuat sarana transportasi
Dampak negatifnya adalah:
a.       Timbulnya pencemaran suara (kebisingan) dan pencemaran udara.
b.      Sarana transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak bumi, jika terjadi pembakaran yang tidak sempurna, dapat mengeluarkan gas CO (monoksida) dan dan SO2 (Sulfurdioksida) yang dapat menyebabkan iritasi pada mata, kulit, saluran pernafasan serta paru-paru.

F.        DAMPAK TERHADAP PENINGKATAN KESEHATAN
1.      Dampak positif
a.       Perkembangan ilmu pengetahuan alam dan teknologi dapat meningkatkan ilmu dan fasilitas bidang kedokteran.
b.      Dapat meningkatkan teknologi obat-obatan.
c.       Dapat memberantas panyakit menular
2.      Dampak negative secara tidak langsung membantu timbulnya penyakit tertentu.
G.      DAMPAK TERHADAP PENCAPAIAN KEMAKMURAN
1.      Dampak positif dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia
a.       Mendatangkan kemakmuran materi.
b.      Mendatangkan kemudahan hidup.
2.      Dampak negative yang menyulitkan pengendalian diri.













BAB VIII
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR

A.         LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR
Latar belakang ilmu budaya dasar bermula dari kritik yang diberikan oleh sejumlah cendikiawan mengenai system pendidikan kita yang dinilai sebagai warisan system pendidikan belanda pada masa penjajahan.
B.          TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berpikirnya.
C.         RUANG LINGKUP ILMU BUDAYA DASAR
1.         Berbagai aspek kehidupan yang emngungkapkan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
2.         Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudanya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat.










BAB IX
KONSEPSI IBD DALAM KESUSTRAAN, SENI RUPA, DAN SENI MUSIK

A.      PENGERTIAN KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas mengandung ide kebaikan. Pengertian keindahan dalam arti estetik murni adalah pengalaman estetik seseorang dalam hubunganya dengan sesuatu yang diserapnya. Adapun pengertian keindahan dalam arti terbatas, hanya benda-benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yaitu berupa keindahan bentuk dan warna.
Para flosof mendefinisikan keindahan sebagai suatu kesatuan hubungan yang formal pengamatan yang dapat menimbulkan rasa senang.
B.       CONTOH KARYA SENI KEINDAHAN
Puisi-puisi ciptaan Lord Byro (1788-1824) di Inggris, dan music-musik susunan Wagner dan lukisan Monalisa merupakan contoh karya seni yang indah.











BAB X
KONSEPSI IBD DALAM AGAMA FILSAFAT DAN KEINDAHAN

A.      KEINDAHAN
Keindahan dalam arti luas The Liang Gie menjelaskan bahwa keindahan dalam arti luas mengandung pengertian ide kebaikan. Plato menyebutnya sebagai watak yang hukum yang indah, sedangkan Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Platonius menyebutkan ilmu ynag indah dan kebajikan yang indah. Orang Yunani berbicara pula mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Jadi, pengertian seluas-luasnya meliputi:
a.    Keindahan seni
b.    Keindahan alam
c.    Keindahan moral
d.   Keindahan imtelektual
B.     RENUNGAN
Renungan berasal dari kata renung, merenung artinya dengan diam-diam memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung.
Setiap kegiatan merenung atau mengevaluasi segenap pengetahuan yang telah dimiliki disebut berfilsafat.
C.    KESERASIAN
Keserasian berasal dari kata serasi; dengan kata dasarnya adalah rasi yang cocok, sesuai, atau kena benar. Kata cocok, mengandung pengertian perpaduan, ukuran, dan seimbang. Perpaduan misalnya, orang yang berpakaian serasi antara kulit dan warna pakaianya.
D.    KEHALUSAN
Kehalusan berasal dari kata halus, artinya tidak kasar (perbuatan) lembut, sopan, dan beradap. Kehalusan berarti sifat-sifat yang halus, sopan, dan beradap.
BAB XI
MANUSIA DAN CINTA KASIH, PENDERITAAN DAN KEADILAN

A.      MANUSIA DAN CINTA KASIH
Cinta kasih adalah perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihah dan pengabdian yang diunkaokan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab.
Macam-macam cinta kasih , yaitu sebagai berikut:
1.    Cinta kasih antar orang tua dan anak
2.    Cinta kasih antar pria dan wanita
3.    Cinta kasih antar sesama manusia
4.    Cinta kasih antar manusia dan Tuhan
5.    Cinta kasih manusia terhadap lingkunganya.
B.       MANUSIA DAN PENDERITAAN
Penderitaan berasal dari kata derita, kata derita berasal dari bahasa sangsekerta dhara, artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berbentuk lahir atau batin, Keduanya. Termasuk penderitaan adalah keluh kesah, lesengsaraan, kelaparan, kekenyangan,kepanasan dan lain-lain.
C.      MANUSIA DAN KEADILAN
Keadilan adalah pengakuan dan perlakuan yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan terletak pada keseimbangan antara penuntut hak dan orang yang menjalankan kewajiban.





BAB XII
PANDANGAN HIDUP, TANGGUNG JAWAB DAN HARAPAN MANUSIA

A.      PANDANGAN HIDUP
Pandangan hidup merupakan suatu dasar atau landasan untuk mambimbing kehidupan jasmani dan rohani.
B.       TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatanya.
C.      HARAPAN MANUSIA
Harapan berasal dari kata harap, artinya keinginan terjadinya sesuatu.
Harapan artinya keinginan yang belum terwujud.
















BAB XIII
BUDAYA YANG MENDORONG KEMAJUAN DAN MENYEBABKAN KEMISKINAN

A.      BUDAYA SEBAGAI SARANA KEMAJUAN DAN SEBAGAI ANCAMAN BAGI MANUSIA
Pada abad ke-19 Filfus Hegel membahas budaya sebagai keterasingan manusia dengan dirinya. Dalam berbudaya manusia tidak menerima begitu saja apa yang disediakan oleh alam, tetapi ia harus mengubahnya dan mengembangkanya lebih lanjut. Dengan berbuat demikian, Akan terjadi jurang antara manusia dan dirinya. Itulah yang dimaksud dengan keterlepasan atau keterasingan yang menyebabkan terjadinya ketegangan yang terus-menerus.
B.       PRODUKTIFITAS
Kemajuan teknologi merupakan salah satu sisi meningkatkan produktivitas, sisi yang lain adalah penambahan modal dan tenaga kerja.
C.      KEMISKINAN
Kemiskinan merupakan ketidakmampuan memenuhi kebutuhan pokok, sehingga ia mengalami keresahan, kesengsaraan atau kemelaratan dalam setiap langkah hidupnya (Siswanto, 1988)
Factor-faktor yang menyebabkan:
1.      Terbatasnya sumber daya alam
2.      Terbatasnya sumberdaya manusia
3.      Terbatasnya barang modal
4.      Rendahnya produktifitas
5.      Rendahnya pendidikan


BAB XIV
KEBUDAYAAN PRIMITIF, AGRARIS DAN INDUSTRIAL

A.      KEBUDAYAAN PRIMITIF AGRARIS
Ditinjau dari segi geogarfis, desa adalah suatu hasil perpaduan antara kegiatan sekelompok manusia dan lingkunganya.
Ciri-ciri masyarakat pedesaaan:
1.         Setiap warganya mempunyai hubungan yang mendalam dan erat
2.         System kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan
3.         Sebagian besar hidup dari hasil pertanian
4.         Masyarakatnya homogeny
B.       MASYARAKAT PERKOTAAN
Beberapa ahli mengartikan kota sebagai suatu himpunan penduduk yang bertemat tinggal di dalam pusat kegiatan ekonomi, pemerintahan, kesenian, ilmu pengetahuan dan sebagainya. Adapun ciri-cirinya:
1.    Jumlah penduduknya besar dan padat
2.    Mempunyai penduduk yang beraneka ragam
3.    Penduduknya lebih dinamis
4.    Lebih cepat, lebih bebas, dan mudah bergerak







BAB XV
LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGJUP PAMBAHASAN ILMU SOSIAL DASAR

A.      LATAR BELAKANG ILMU SOSIAL DASAR
Telah kita ketahui bahwa sumber semua Ilmu pengetahuan adalah filsafat. Baik ilmu-ilmu alam maupun ilmu-ilmu social, bila ditilik dari perkembanganya, bermula dari ilmu filsafat. Dari filsafat itu kemudian lahirlah tiga cabang ilmu pengetahuan, yaitu:
1.      Ilmu- ilmu alamiah
2.      Ilmu-ilmu social
3.      Ilmu-ilmu budaya
B.       RUANG LINGKUP PEMBAHASAN
Ruang lingkup pembahasan mata kuliah ilmu social dasar, yaitu:
1.      Berbagai aspek pada kenyataan yang merupakan masalah social
2.      Berbagai golongan dan kesatuan social dalam masyarakat.








BAB XVI
INDIVIDU, KELUARGA, MASYARAKAT DAN INTERKSI SOSIAL

A.      INDIVIDU
Individu terdiri atas dua dimensi, yaitu fisik dan psikis.
1.      Kehadiran seseorang atau individu dalam kelompok keluarga maupun kelompok masyarakat ditandai dengan wujud fisiknya.
2.      Wujud individu tidak pernah lepas dari wujud psikisnya.
B.       KELUARGA
Keluarga dapat dibentuk melalui persekutuan-persekutuan individu karena adanya hubungan darah perkawinan ataupun adopsi.
C.      MASYARAKAT
Menurutnya kodratnya, manusia adalah mahluk masyarakat. Manusia selalu hidup bersama dan berada di antara manusia lainya.










BAB XVII
REMAJA DAN PEMUDA DALAM PERMASALAHAN GENERASI SOSIAL

A.      PEMUDA DAN IDENTITAS
Dipundak pemuda terdapat bermacam-macan harapan, terutama dari generasi lainya. Hal ini karena mereka di harapkan dapat menjadi generasi penerus, yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebalumnya, dan generasi yang harus mengisi dan melangsngkan estafet pembangunan secara terus menerus.
B.       PERANAN PEMUDA DALAM MASYARAKAT
1.    Pemuda dan perkembangan pendidikan
Pertrambahan pendududk yang sangat pesat akan membuat pincang dan lumpuh situasi kependudukan dan perekonomian. Oleh karena itu, pelayanan kepada generasi muda di bidang pendidikan, pengaderan, dan lapangan kerja harus di sesuaikan dengan situasi tersebut.
2.    Pengalaman pribadi membentuk mental
Sepaeti kita ketahui,mulai dari anak-anak sampai menjadi orag tua, dan mulai dari dididik sampai pendidik, yang berjalan secara wajar, dan ini tidak dapat dihindari di dalam masyarakat, uur merupakan dasar untuk menentukan corak social- budaya, artinya hubungan antar generasi, kegiatan social, dan sebagainya.
3.    Pengaruh perubahan social ekonomi
Perubahan social akan dialami setiap masyarakat dimana saja. Khusus yang menyangkut pemuda, perubahan yang mencolok dalam susunan umur. Yang akan mempengaruhi sifat dan sikapnya.
4.    Penyesuaian diri dengan lingkungan


BAB XVII
PEMERINTAH, NEGARA, DAN WARGA NEGARA PERMASALAHAN DEMOKRASI

A.      PEMERINTAH
Negara memiliki kekuasaan dengan dasar dan tujuan tertentu. Bagaimana melaksanakan, oleh siapa,untuk siapa kekuasaan itu, dan di batasi oleh norma apa,semua itu termasuk bidang teori Negara.
B.       NEGARA DAN WARGA NEGARA
Rakyat yang menetap di suatu wilayah tertentu dalam suatu negara di sebut warga negar Ia mempunyai kewajiban terhadap Negara dan sekaligus mempunyai hak-hak yang wajin diberikan dan dilindungi oleh Negara.
Ada dua asas dalam menentukan warga Negara
1.        Asas Ius Soli (asas kelahiran)
2.        Asas Ius Sanguinis (asas keturunan)










BAB XIX
PELAPISAN SOSIAL, PERSAMAAN DERAJAT, DISKRIMINASI

A.    PELAPISAN SOSIAL
Masyarakat terbentuk dari individu-individu yang memiliki berbagai latar belakang sehingga membentuk suatu masyarakat heterogen yang terdiri atas kelompok-keompok social. Dengan terjadinya kelompok social ini, terbentuklah pelapisan mesyarakat. Pelapisan social terjadi dengan sendirinya dan terjadi dengan disengaja.

B.     KESAMAAN DERAJAT
Hubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah secara timbale balik. Artinya setiap orang sebagai anggota masyarakat mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun pemerintah dan Negara. Beberapa hak dan kewajiban ditetapkan dalam undang-undang (konstitusi) sebagai hak dan kewajiban asasi.

C.    DISKRIMINASI DAN PEMERATAAN
Dalam kehidupan masyarakat, ada sesuatu yang dihargai, ayitu kekayaan, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Hal itu merupakan awal terbentuknya pelapisan social. Mereka yang banyak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang yang menduduki lapisan atas. Sebaliknya, mereka yang hanya sedikit memiliki atau bahkan sama sekali tidak memiliki sesuatu yang dihargai, dianggap oleh masyarakat sebagai orang-orang yang menempati lapisan bawah dan berkedudukan rendah.
Kriteria yang dipergunakan untuk menggolongkan anggota masyarakat dalam lapisan masyarakat, antara lain ukuran kekuasaan, ukuran kekayaan, ukuran kehormatan, ukuran ilmu pengetahuan atau pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA

Mawardi Drs., Imu Alamiah Dasar, Ilmu Social Dasar, Ilmu Bu


 









 

0 comments: